Buronan Interpol Rusia Kabur ke Bali, Begini Strategi Pihak Imigrasi

- Minggu, 14 Februari 2021 | 12:07 WIB
Petugas menunjukkan pengumuman daftar pencarian orang (DPO) dua warga negara Rusia Andrei Kovalenka alias Andrew Ayer (kiri) dan rekannya Ekaterina Trubkina (kanan) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (13/2/2021). (ANTARA
Petugas menunjukkan pengumuman daftar pencarian orang (DPO) dua warga negara Rusia Andrei Kovalenka alias Andrew Ayer (kiri) dan rekannya Ekaterina Trubkina (kanan) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (13/2/2021). (ANTARA

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai memburu buronan Interpol asal Rusia bernama Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka yang berhasil kabur, pada Kamis (11/2/2021). 

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Parlindungan mengatakan, sudah memiliki strategi untuk menangkap kedua buronan interpol Rusia tersebut. Salah satunya, berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja, dan tim dari Kanwil Kemenkumham Bali.

Dia menerangkan, Andrew melarikan diri ketika menjalani proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar usai dijenguk rekan wanitanya warga negara Rusia bernama Ekaterina Trubkina.

Baca Juga: Situs Aisha Wedding Tak Bisa Diakses, Polisi: Jejak Digital Tak Akan Hilang

-
DPO Kantor Imigrasi Ngurah Rai Andrew Ayer. (ANTARA/HO/Humas Imigrasi Ngurah Rai)

Bahkan, Parlindungan telah mengusulkan kepada Polda Bali untuk menetapkan nama buronan tersebut ke dalam daftar pencarian orang (DPO). 
Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Konsul Kehormatan Rusia, dan Konsul Kehormatan Ukraina di Bali, Ditreskrimum Polda Bali, Kapolresta Denpasar, serta polres dan polsek dalam rangka pencarian.

Parlindungan mengaku, telah berkoordinasi dengan Kantor Otoritas Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, GM Angkasa Pura I, dan maskapai penerbangan serta kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan setempat untuk mencegah keberangkatan Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka dan Ekaterina Trubkina keluar daerah Bali.

"Masyarakat dapat melaporkan apabila melihat atau mengetahui keberadaan kedua orang tersebut. Apabila melihat atau mengetahui keberadaan kedua orang tersebut, dia meminta masyarakat segera menghubungi WhatsApp Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai di nomor 081236956667 atau melalui Kasi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Putu Suhendra di Nomor 082165055256," tutur Parlindungan, seperti dikutip Antara, Minggu (14/2/2021).

Andrew Ayer diketahui, merupakan buron interpol yang masuk dalam red notice. Pria pemilik paspor bernomor 7536xx ini sebelumnya telah menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Kerobokan dalam perkara narkotika.

Setelah masa hukuman pidana berakhir, Andrew kemudian diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada hari Rabu(3/2) untuk selanjutnya dikenakan tindakan administrasi keimigrasian pendeportasian dan pengusulan cekal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X