Cegah Penularan Penyakit, Kemenkes Ajak Masyarakat Lengkapi Imunisasi Dasar Anak

- Kamis, 19 November 2020 | 19:05 WIB
Ilustrasi imunisasi. (Photo/Ilustrasi/Freepick)
Ilustrasi imunisasi. (Photo/Ilustrasi/Freepick)

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Vensya Sitohang mengajak masyarakat untuk melengkapi imunisasi dasar anak agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat dicegah.

Hal itu disampaikannya dalam acara Forum Merdeka Barat 9 secara daring, Kamis (19/11/2020). Vensya juga mengatakan bahwa kasus penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi mulai meningkat di masa pandemi lantaran menurunnya angka imunisasi dasar lengkap.

"Pelayanan imunisasi pada masa pandemi COVID-19 memang sangat berdampak terhadap pelaksanaannya di fasilitas kesehatan, baik posyandu, puskesmas, dan rumah sakit. Jadi tidak heran penyakit yang bisa dicegah baik pada masa pandemi COVID-19 atau setelah masa pandemi berakhir itu penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin terjadi peningkatan kasus," kata Vensya, dilansir dari Antara, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Kemenkes Ajak Tepuk Tangan 56 Detik

Hartono Gunardi selaku Ketua Bidang Humas dan Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan peningkatan kasus penyakit yang bisa dicegah diimunisasi karena tidak terjadi kekebalan kelompok di masyarakat pada suatu penyakit.

"Kalau tidak imunisasi atau imunisasinya tidak lengkap maka antibodi atau zat kekebalan tubuhnya tidak ada atau tidak mencapai kadar optimal untuk melindungi anak tersebut. Saya mengimbau kepada semua orang tua untuk melengkapi imunisasi dasar anaknya sampai sembilan bulan dan melengkapi juga sampai usia 18 bulan. Dengan imunisasi anak kita tetap sehat," jelas Hartono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X