Sekolah Dibuka Kembali, BNPB Ingatkan 3 Hal yang Harus Diperhatikan

- Selasa, 16 Juni 2020 | 15:07 WIB
Sejumlah panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mengenakan masker dan pelindung wajah di SDN Karangayu 02, Kelurahan Karangayu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/6/2020). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Sejumlah panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mengenakan masker dan pelindung wajah di SDN Karangayu 02, Kelurahan Karangayu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/6/2020). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wisnu Widjaja menyebutkan tiga hal yang harus diperhatikan baik pemerintah ataupun pihak sekolah untuk menerapkan sekolah yang aman bagi siswa di tengah pandemi corona.

Wisnu mengatakan bahwa hal-hal tersebut memiliki konsep yang sama dengan program Satuan Pendidikan Aman Bencana yang sebelumnya diterapkan jikalau terjadi bencana gempa bumi.

Namun hal-hal yang perlu diperhatikan menurut Wisnu dalam masalah itu masih sama, yakni yang pertama adalah masalah infrastuktur di sekolah yang akan dibuka itu sendiri.

“Jadi struktur yang kita terapkan. Tapi kalau sekarang ancamannya Covid, berarti infrastruktur kita juga aman terhadap covid,” ucap Wisnu dalam sebuah diskusi virtual bersama Aji Indonesia, Selasa (16/6/2020).

-
Panitia PPDB melayani orang tua/wali murid dari dalam bilik plastik di SDN Karangayu 02, Kelurahan Karangayu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/6/2020). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

 

“Kita harus memiliki ruang kelas yang sirkulasi ruangannya bagus, mudah dibersihkan, cukup luas untuk distancing. Hal-hal itu harus diperhatikan sekali,” tambahnya.

Kemudian selanjut, Wisnu mengungkapkan bahwa harus terdapat pengelola seperti lembaga atau organisasi yang akan ditunjuk sebagai penanggungjawab jika terjadi sesuatu di lingkungan sekolah.

“Ketiga harus ada memberikan pemahaman pengetahuan kepada anak didik dan semua yang bekerja di situ, terkait dengan ancamannya apa, risikonya apa,” tutup Wisnu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan bahwa pihaknya dan beberapa jajaran kementerian bersepakat untuk memperbolehkan sekolah dibuka kembali di zona hijau.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X