Tutup Semua Gerai, Matahari Klaim Tetap Gaji Karyawan

- Rabu, 1 April 2020 | 20:56 WIB
Ilustrasi Matahari Department Store. (Pexels/Artem Beliaikin)
Ilustrasi Matahari Department Store. (Pexels/Artem Beliaikin)

Manajemen PT Matahari Department Store Tbk memutuskan untuk menutup sementara seluruh gerai dan merumahkan karyawan, sebagai imbas dari semakin mewabahnya virus Corona (Covid-19) di Indonesia. 

Meski demikian, Director & Corporate Secretary PT Matahari Department Store Tbk, Miranti Hadisusilo memastikan bahwa hak karyawan berupa gaji bulanan, tetap dibayarkan oleh perusahaan. Hal ini sekaligus mengkonfirmasi maraknya pemberitaan yang menyebut karyawan Matahari Department Store dirumahkan dan tanpa diberikan gaji. 

"Benar Matahari menutup sementara gerai-gerainya, akan tetapi kami tetap membayar gaji para karyawan. Tidak ada statement yang menyebutkan kami tidak menggaji karyawan selama penutupan sementara ini," demikian Miranti memberikan konfirmasi kepada Indozone, saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (1/4/2020). 

Sebelumnya, dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pihak manajemen PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), manajemen memutuskan untuk menutup sementara seluruh gerai secara nasional selama 14 hari atau bahkan lebih. Keputusan itu diambil untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19

“Penutupan sementara seluruh gerai secara nasional Matahari telah mengkomunikasikan kepada seluruh karyawannya secara nasional bahwa sebagai langkah sukarela untuk menjaga kesehatan para karyawan,” tulis perusahaan dalam keterangan resmi.

Matahari Mal akan menutup sementara seluruh gerai secara nasional sejak 30 Maret hingga 13 April 2020 atau lebih,  hingga penyebaran dan dampak virus corona dinyatakan selesai.  

Manajemen memutuskan untuk melakukan penurunan beban sumber daya manusia di tingkat manajemen senior. Behkan, manajemen menunda pembukaan 4 gerai baru dan menarik semua arahan penjualan dan laba 2020. 

Tak hanya itu, LPFF juga membatalkan rekomendasi pembayaran dividen untuk tahun buku 2019 dan mengurangi beban usaha yang tidak esensial. 

“Termasuk beban sewa, pemasaran, perjalanan dinas dan beban lainnya, dan menghapuskan semua non-committed capital expenditure di tahun ini,” sambung keterangan resminya. 

Namun, khusus Matahari.com terus beroperasi seperti biasa. Manajemen akan meningkatkan layanan untuk mendorong adanya permintaan melalui online yang berpotensi lebih tinggi.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X