Pemprov DKI Jakarta Siapkan Layanan Full Service untuk Tenaga Medis Virus Corona

- Jumat, 27 Maret 2020 | 15:00 WIB
Petugas medis memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Petugas medis memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah menyiapkan fasilitas tempat tinggal bagi para tenaga medis yang menangani pasien-pasien virus corona (Covid-19) di wilayahnya, yakni Hotel Grand Cempaka.

Ini diberikan supaya mereka tidak perlu lagi pulang ke rumah masing-masing. Lalu tahap kedua akan menyusul tiga tempat lainnya, masing-masing d’Arcici Alhijra Hotel Cempaka Putih, d’Arcici Hotel Sunter, dan d’Arcici Hotel Plumpang.

Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour), Novita Dewi, mengatakan bahwa para tenaga medis terkait diminta memenuhi beberapa persyaratan agar dapat memanfaatkan fasilitas tempat tinggal atau menginap dari Pemprov DKI Jakarta.

"Tenaga kesehatan tersebut mendapatkan surat pengantar dari rumah sakit dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (DKI Jakarta). Jadi kita ada tahapan, tahap pertama hari ini mulai di Grand Cempaka Bisnis untuk RSUD tarakan dan RSUD Pasar Minggu. Tahap kedua untuk RSUD yang lain, (dan) tahap ketiga kita akan buka untuk rumah sakit yang lain selain RSUD," kata Novita di Balai Kota Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Novita menjelaskan, para tenaga medis setelah selesai berkerja atau dinas, ketika masuk ke tempat istirahat di Hotel Grand Cempaka, terlebih dahulu dicek kondisinya. Pihaknya akan melakukan tes Covid-19 juga untuk karyawan hotel supaya untuk memastikan siapapun yang akan masuk di dalam tidak positif.

"Prosedur dilakukan dari pintu masuk sampai dia keluar baik untuk tenaga medis akan ada chamber disinfektan dan satu lagi chamber untuk umum, kita buat dua chamber. Kemudian di kamar setiap hari begitu mereka check out untuk berangkat lagi ke rumah sakit kamar kita bersihkan dan selalu semua kita semprot disinfektan," jelasnya.

-
Ilustrasi layanan hotel (freepik)

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebelumnya telah menyampaikan rencana tersebut untuk memberikan dukungan penuh kepada tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 di ibu kota.

Anies menerangkan, penyiapan tiga tempat lainnya diserahkan dan dikomandoi oleh PT Jakarta Tourisindo (Jaktour), yakni Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI yang bergerak di bidang hotel dan katering.

"Ada tiga hotel atau penginapan yang nanti akan digunakan. Jadi total nantinya bisa menampung hampir 700 tempat tidur yang akan bisa menampung seluruh tenaga medis, dokter, dan perawat," terangnya.

-
Ilustrasi hotel dan layanannya (freepik)

Saat ini Hotel Grand Cempaka Putih sudah digunakan atau ditempati oleh puluhan tenaga medis di DKI Jakarta. Diketahui, adapun fasilitas yang diberikan di hotel antara lain:

  1.  Kamar tidur.
  2. Toiletries.
  3. Layanan kebersihan kamar dengan penyemprotan disinfektan setiap hari.
  4. Makan pagi, siang, malam dan snack
  5. Free flow minuman
  6. Antar jemput dari RS ke hotel dengan bus TransJakarta
  7. Layanan Customer Care 24 jam
  8. Konseling dengan psikolog dan fasilitas olahraga

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X