Beli Masker dari Temannya, Orang Ini Malah Kena Penipuan

- Selasa, 31 Maret 2020 | 11:59 WIB
Seorang pria di Batam ditipu temannya sendiri saat memesan masker. (Facebook/VJ Lenzoe Purba)
Seorang pria di Batam ditipu temannya sendiri saat memesan masker. (Facebook/VJ Lenzoe Purba)

Masker menjadi salah satu benda langka sejak merebaknya pandemi COVID-19. Selain langka, harga masker juga mendadak naik drastis dan dijual dengan harga yang tak wajar.

Ada pula yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan untuk mendapat keuntungan besar. Kasus penipuan masker juga dialami oleh seorang pria bernama VJ Lenzoe Purba di Batam. Mirisnya, Lenzoe ditipu oleh temannya sendiri.

Pada awalnya, Lenzoe memesan masker kepada temannya yang diketahui bernama Riki, untuk keperluan kantor. Riki menawarkan harga Rp225 ribu untuk satu kotak masker.

"Aku punya teman namanya Riki, dulu dia temenku. Aku masih beranggapan bahwa semua temenku adalah orang baik. Perusahaan tempat aku bekerja berencana akan mengadakan program CSR berupa kegiatan sosial, bagi-bagi masker, gratis kepada masyarakat. Dia menawarkan barang dengan harga Rp 225 ribu per box dan aku setuju," cerita Lenzoe.

Lenzoe kemudian ketemuan dengan Riki untuk mengambil masker yang sudah dipesan tersebut. Saat itu, Lenzoe memang tidak mengecek isi paket yang diberikan Riki karena ia percaya dengan temannya tersebut.

-
Isi paket yang diterima oleh Lenzoe dari temannya. (Facebook/VJ Lenzoe Purba)

Sesampainya di kantor, betapa kagetnya Lenzoe bahwa kotak yang diklaim berisi masker tersebut ternyata isinya sampah.

Lenzoe bahkan sudah membayar mahal untuk mendapat masker tersebut, yaitu  Rp2,260 juta. Riki bahkan sempat memberi 10 kotak masker tambahan untuk Lenzoe.

"Bahkan dia menitip 10 kotak, jika urgent bisa dipakai katanya, bayarnya nanti-nanti saja. Lagi-lagi aku tak curiga. Karena lama tak berjumpa, aku sempat mengobrol lama dengan Riki, padahal biasanya aku cek barang dulu, baru bayar. Tapi entahlah aku yang terlalu percaya pada teman ini, akhirnya langsung membayar saja Rp 2,260 juta," lanjut Lenzoe.

Lenzoe juga membagikan foto Riki agar tak ada lagi korban selanjutnya. Pasalnya, banyak yang mengaku jadi korban penipuan Riki.

-
Pelaku yang menipu Lenzoe. (Facebook/VJ Lenzoe Purba)

 

Bos tempat Lenzoe bekerja mengatakan bahwa ia tak perlu mengganti uang kantor yang seharusnya dipakai untuk membeli masker tersebut.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X