Hari Donor Darah Sedunia, Anies Apresiasi Pendonor yang Selamatkan Nyawa Sesama

- Selasa, 14 Juni 2022 | 13:28 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta jajaran pimpinan wilayah administratif menghadiri kegiatan sosialisasi dan apresiasi terhadap Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan para pendonor yang telah melakukan donor darah lebih dari 150 kali.

Ketika memberi sambutannya, Anies mengapresiasi PMI DKI Jakarta dalam inovasinya untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan darah. Selain itu para pendonor juga mendapatkan kemudahan dalam  melakukan kegiatan donor di berbagai wilayah di Jakarta.

"Karena itu hari ini di saat kita memperingati hari donor darah, kita juga memberikan penghargaan kepada mereka yang telah secara ikhlas mendonorkan darahnya yang dipakai untuk menyelamatkan sesama," ucap Anies dalam keterangannya, Selasa (14/6/2022).

Ia juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas konsistensi para pendonor. Jika satu kali donor darah dapat menyelamatkan nyawa, maka sukarelawan yang telah melakukan donor darah 150 hingga 200 kali merupakan Pahlawan Kemanusiaan yang sudah menyelamatkan banyak nyawa.

Baca Juga: Peringati HUT ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas, Kemendagri Gelar Donor Darah

"Penghargaan ini tentu bukan sekadar tanda untuk diri sendiri, tapi penanda untuk masyarakat agar ini menjadi inspirasi pribadi berhati mulia. Insya Allah menjadi contoh di masyarakat sekitarnya, keluarga, lingkungan, dan harapannya makin banyak lagi yang melakukan kegiatan donor", paparnya.

Anies pun menegaskan, Pemprov DKI Jakarta akan terus mendukung program donor darah, dan bersama-sama mitra PMI DKI Jakarta, terutama lebih gencar melakukan sosialisasi di kalangan anak muda. Hal ini juga karena donor darah bisa menjadi gaya hidup sehat yang membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

"Melalui donor darah, kita dapat membangun rasa solidaritas generasi muda,  sehingga tercipta kesatuan dan persatuan untuk mengawal keberlanjutan pembangunan serta ketahanan negara," pungkas Anies.

Diketahui, pendonor darah yang menyumbangkan 350 ml darahnya dalam 1 kantong darah dapat membantu menyelamatkan 3 nyawa. Jika 450 ml darah, bisa untuk 4 nyawa. Jika jumlahnya dikalikan maka setara dengan  450-600 nyawa yang diselamatkan oleh pendonor.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X