Hadapi Setiap Masalah, Erick Thohir Ajak Milenial Tumbuhkan Mindset Kebangsaan

- Minggu, 12 Juni 2022 | 16:51 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri). (ANTARA/Fikri Yusuf)
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri). (ANTARA/Fikri Yusuf)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak milenial untuk menumbuhkan mindset atau kerangka berpikir kebangsaan di tengah arus disrupsi teknologi dan kondisi geopolitik dunia yang penuh ketidakpastian.

Erick menekankan kepada generasi muda pentingnya merawat dan mengaktualisasikan nilai-nilai kebhinekaan Indonesia dalam dinamika kehidupan berbangsa.

Erick mengajak generasi muda untuk menumbuhkan mindset kebangsaan bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang majemuk di tengah arus disrupsi yang terjadi di seluruh dunia.

"Growth mindset buat anak muda Indonesia sangat penting. Hal ini memungkinkan diri untuk mengambil langkah berani agar dapat terus melaju. Jangan rentan untuk dikritik dan menghindar dari tantangan karena setiap masalah harus dihadapi," kata Erick dalam keterangan kepada Indozone, Minggu (12/6/2022).

Menurut Erick, upaya untuk menumbuhkan pola pikir yang maju adalah dengan membangun karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat.

Banyak pihak memang khawatir bahwa bangsa ini sedang mengalami perapuhan nilai-nilai kebangsaannya. Banyak indikasi yang memperkuat sinyalemen ini. Bahkan sampai saat ini masih merasakan fenomena terpolarisasinya kelompok masyarakat hanya karena perbedaan aspirasi politik.

-
Erick Thohir Ajak Milenial Tumbuhkan Mindset Kebangsaan (Istimewa)

BACA JUGA: Kick Off Uji Klinis Tahap 3, Erick: BUMN Siap Produksi Massal Vaksin Covid

Untuk itu, kata Erick, memelihara pluralisme sebagai konsensus moral bangsa tentu harus selalu diperjuangkan. Hal itu bertujuan agar basis-basis ikatan sentimen primordial bisa mengalami proses transformasi menjadi “common domain” yang efektif menjaga keutuhan bangsa kita yang majemuk.

"Untuk itu, Pemerintah terus berupaya dalam menjaga ke-Bhineka-an Indonesia, ini perlu didukung generasi muda dengan menegaskan sikap anti radikalisme, dan tidak menyebarkan berita hoax yang memecah belah," kata Erick.

Menurut Erick, di tengah arus disrupsi dan perubahan yang begitu cepat, kemajuan tanpa budaya yang menyertainya akan mudah keropos. Itu penting bagi setiap warga negara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, lanjut Erick, pengembangan ekonomi yang ditopang sumber daya berupa keberagaman akan menjadikan Indonesia negara yang tangguh, serta memiliki pengaruh kuat di tataran global dengan segenap potensi yang ada.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X