Deretan Insiden dan Pelanggaran yang Dilakukan Penonton Saat Grand Launching JIS

- Senin, 25 Juli 2022 | 09:34 WIB

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhirnya meresmikan Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022). Peresmian akhir pekan kemarin menjadi acara pamungkas sejak JIS dibuka untuk umum pada April lalu.

Acara berlangsung meriah dengan penampilan dari Dewa 19 ft Virzha, Kotak dan Setia Band. Lalu diakhiri dengan pertandingan persahabatan antara Persija dengan Chonburi FC dari Thailand

Meski berlangsung meriah, grand launching JIS diwarnai sedikit insiden dan pelanggaran yang dilakukan penonton saat berada di JIS.

1. Pembatas Tribun JIS Roboh

Sebuah insiden terjadi jelang Anies Baswedan memberikan sambutan dalam grand launching Minggu malam. Pembatas tribun utara JIS roboh setelah enggak kuat menahan beban penonton yang berdiri di sekeliling pembatas.

-
Pembatas tribun roboh (Jafriyal/Z Creators)

Akibat dari insiden ini satu orang dibopong ke luar stadion untuk mendapatkan pertolongan setelah jatuh dari tribun dengan tinggi dua meter. Anies dan PT Jakpro tidak ambil pusing dengan insiden ini.

"Pagar (roboh, red), saya rasa tadi semangatnya lumayan tinggi," kata Anies dalam konferensi pers di JIS.

-
Tribun JIS roboh (Jafriyal/Z Creators)

Usai menjawab singkat Anies mempersilakan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto untuk menjawab lebih lanjut. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengatakan kejadian ini diharap dapat memberi pelajaran bagi banyak pihak.

"Growing pain itu (ibarat, red) gigi tumbuh. Kalau gigi tumbuh itu dokter tidak akan bilang itu penyakit tapi proses alami sebuah pertumbuhan sama seperti ini,” sambungnya.

2. Penonton Melompati Pagar Antar Tribun

Dalam acara grand launching Minggu malam, sejumlah penonton tampak kebingungan dengan lokasi duduk mereka. Sejumlah ‘The Jakmania’ yang ingin duduk di tribun utara malah masuk melalui tribun barat. Mereka yang kebingungan karena terpisah dengan rombongan akhirnya mengambil jalan pintas dengan melompati pembatas antar tribun untuk pindah ke tribun utara.

-
Penonton melompati pagar (Jafriyal/Z Creators)

Pemandangan ini terjadi jelang laga Persija melawan Chonburi FC tiba. Panitia melalui pembawa acara pun mulai mengingatkan kepada seluruh penonton untuk menjaga ketertiban.

"Kami mengingatkan untuk seluruh pengunjung di stadion selalu menjaga ketertiban di dalam area stadion," ujar pembawa acara Choky Sitohang mengingatkan.

3. Mengangkat Kaki dan Duduk di Tiang Pembatas

Berbagai cara dilakukan penonton untuk mendapatkan sudut terbaik saat laga Persija dan Chonburi FC berlangsung. Namun usaha tersebut enggak diimbangi dengan menjaga ketertiban dalam stadion.

-
Penonton mengangkat kaki (Jafriyal/Z Creators)

Terlihat beberapa penonton mengangkat kaki di atas kursi penonton lain. Selain itu ada juga penonton yang tetap nekat berdiri hingga duduk di tiang pembatas tribun dengan lapangan meski sebelumnya sudah terjadi insiden.

Dalam sambutannya Anies pun mengingatkan kepada seluruh penonton untuk menjadi penonton kelas dunia setelah hadirnya JIS.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X