Anies Ubah RSUD Jadi Rumah Sehat, PDIP: Tak Bisa Sembarangan, Harus Tanya Kemenkes Dulu

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah), saat meresmikan pengganti nama rumah sakit menjadi rumah sehat di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat (ANTARA/Walda)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah), saat meresmikan pengganti nama rumah sakit menjadi rumah sehat di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat (ANTARA/Walda)

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak mengkritik kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang melakukan penjenamaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sakit Sehat Untuk Jakarta (RSUJ).

Menurut Gilbert, Anies tidak bisa sembarangan mengubah istilah tersebut tanpa harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan tata bahasa, dan juga Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Artinya DKI tidak boleh sembarangan menggantinya tanpa membicarakan hal ini dengan ahli tata bahasa dan meminta pendapat dari Kemenkes,” ucapnya dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Pasalnya, Anggota Komisi B DPRD DKI ini menyebutkan selama ini singkatan dari RS diketahui memiliki arti Rumah Sakit. Dengan pergantian itu, ia menilai akan membingungkan masyarakat.

“Ini bukan seperti penamaan jalan yang merupakan wewenang DKI dan tidak jelas alasannya, membingungkan dan menimbulkan penolakan masyarakat,” terang Gilbert.

Baca Juga: Anies Baswedan Ganti Penamaan Rumah Sakit Jadi Rumah Sehat untuk Mengubah Pola Pikir

Diberitakan sebelumnya, Anies mengatakan, rumah sakit selama ini berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif. Sehingga, hanya orang-orang yang sedang sakit yang kemudian datang ke rumah sakit untuk sembuh.

“Sehingga tempat ini menjadi tempat orang sakit,” ucap Anies di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022).

Dengan penjenamaan ‘Rumah Sakit’ menjadi ‘Rumah Sehat’ ini, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap layanan atau fasilitas kesehatan di Jakarta ditambahkan aspek promotif dan preventif.

“Jadi datang ke rumah sehat untuk menjadi sehat dan lebih sehat. Dari mulai melakukan medical check up sampai persoalan gizi dan lain-lain,” ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X