Raja Charles III Memimpin Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II di Skotlandia

- Selasa, 13 September 2022 | 14:37 WIB
Proses Pemakaman Ratu Elizabeth II (Reuters)
Proses Pemakaman Ratu Elizabeth II (Reuters)

Pada Senin (12/9/2022) Raja Charles III memimpin prosesi pemakaman sang Ibunda, Ratu Elizabeth II bersama tiga adiknya yang dibawa melalui Edinburgh sebelum berpidato di Parlemen Skotlandia dan sebelum warga diizinkan untuk melihat langsung peti jenazah tersebut. 

“Jika saya boleh mengutip kata-kata Robert Burns yang hebat, ibu saya tersayang adalah teman manusia, teman kebenaran. Teman usia, dan pemandu kaum muda,” ungkap Raja Charles III dalam sambutan singkatnya kepada anggota parlemen seperti yang dilansir Indozone  dalam New York Post. 

"Saat masih sangat muda, Ratu berjanji pada dirinya sendiri untuk melayani negara dan rakyatnya dan untuk mempertahankan prinsip-prinsip pemerintahan konstitusional," lanjutnya. 

Raja Charles III diapit oleh saudaranya, Putri Anne, Pangeran Edward, dan Andrew berjalan perlahan-lahan  mengikuti mobil jenazah yang membawa peti mati Ibunda mereka yang terbungkus oleh bendera. 

Proses pemakaman di Edinburgh berakhir di Katedral St. Giles, dimana pintu katedral akan dibuka untuk umum hingga Selasa (13/9/2022) sore hari, agar para warga dapat memberikan penghormatan terakhir kalinya kepada Ratu Elizabeth II. Sebelum akhirnya peti jenazah tersebut akan dibawa ke London untuk upacara pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey pada 19 September 2022. 

Penulis: Annita Rahmawati Dewi

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X