Pabrik Plastik di Sukoharjo Dilalap Si Jago Merah, Pemadaman Sempat Alami Kendala

- Selasa, 20 Juni 2023 | 17:35 WIB
Kebakaran pabrik plastik di Sukoharjo. (Dok. Istimewa)
Kebakaran pabrik plastik di Sukoharjo. (Dok. Istimewa)

Pabrik plastik CV Karunia Plastik di Dukuh Klamplisrejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, terbakar, Selasa, 20 Juni 2023. Petugas terpaksa menjebol bangunan tembok. 

Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono, mengatakan, api pertama kali diketahui sekitar pukul 03.30 WIB, oleh seorang karyawan bernama Dwi. Dimana saat itu Dwi mandi di sisi belakang bangunan sebelah timur. 

Setelah selesai mandi, ia melihat sudah ada api yang cukup besar di sebelah belakang pojok timur. Kemudian dia memanggil security untuk membantu memadamkan api mengunakan apar, dan salah satu karyawan melaporkan ke pemadam Sukoharjo .

"Saat kejadian masih ada aktivitas. Ada karyawan masuk, kemungkinan kerja shift," kata Margono.

-
Kebakaran pabrik plastik di Sukoharjo. (Dok. Istimewa)

Peristiwa tersebut dilaporkan ke petugas sekitar pukul 04.11 oleh Sri Rahayu. Petugas Damkar langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. 

Selain Damkar Sukoharjo, proses pemadaman dibantu dari unit armada pancar PMK Surakarta 2 unit, 1 unit armada pancar PMK Karanganyar, 1 unit armada pancar PMK Klaten dan 1 unit armada pancar PMK Boyolali. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Diakui Margono, dalam proses pemadaman ini petugas mengalami kendala. Sebab akses pintu masuk hanya ada satu titik, yakni melalui pintu depan. Sehingga terpaksa petugas menjebol tembok pabrik bagian samping. 

"Ada kesulitan akses, karena cuma depan saja. Jadi jebol tembok," ungkapnya. 

Margono menyebut, penyebab kebakaran ini diduga dari hubungan arus pendek di salah satu aliran listrik. 

"Saat ini masih penyelidikan dari inafis," imbuhnya. 

Sementara itu, estimasi kerusakan kebakaran sekitar 95 persen gedung utara atau gudang bahan dan produksi. Sementara aset yang diselamatkan 5 persen yakni gedung utara dan 100 persen bangunan gedung sebelah selatan.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X