Targetkan Penurunan Stunting, Pemkot Jambi Prioritaskan Program Bapak Asuh

- Rabu, 15 Maret 2023 | 16:32 WIB
Wakil Wali Kota Jambi Maulana saat rapat koordinasi stunting, Selasa (14/3/2023). (ANTARA/Tuyani)
Wakil Wali Kota Jambi Maulana saat rapat koordinasi stunting, Selasa (14/3/2023). (ANTARA/Tuyani)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memprioritaskan program bapak maupun bunda asuh bagi anak-anak stunting. Hal ini dilakukan untuk mencapai target penurunan stunting di Kota Jambi.

Pemkot Jambi menargetkan penurunan angka stunting di Kota Jambi pada 2023 menjadi di bawah 10 persen. Saat ini, angka stunting di Kota Jambi sebesar 14 persen.

Dalam menjalankan upaya penurunan stunting tersebut, Pemkot Jambi mengevaluasi program-program terbaik dan yang telah berhasil dijalankan pada tahun sebelumnya. Program tersebut akan dilanjutkan kembali pada tahun ini agar target penurunan stunting tercapai.

Baca Juga: Bumil Wajib Tahu! Asupan Gizi yang Memadai Bisa Cegah Anak Terkena Stunting

"Tahun ini yang akan digenjot adalah mengangkat bapak dan bunda asuh untuk anak stunting," kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana di Jambi, dikutip dari Antara, Rabu (15/3/2023).

Mendukung pengangkatan bapak dan bunda asuh anak stunting ini, Wali Kota Jambi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023. Maulana juga mengaku telah menginstruksikan pada jajarannya, agar jeli terhadap lingkungan sekitar.

Jika menemukan anak stunting, terutama mereka yang masuk kategori keluarga miskin ekstrem, maka pemerintah wajib menunjuk bapak dan bunda asuhnya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Punya Layanan Pemantau Stunting Sejak dalam Kandungan, Bumil Wajib Simak!

Bapak dan bunda asuh inilah, kata Maulana, yang bertanggungjawab terhadap penyediaan makanan bergizi, pendampingan parenting dan lainnya terhadap anak stunting.

Ia mengingatkan agar aparat kecamatan, kelurahan, hingga rukun tetangga, agar tidak terlambat menemukan anak dengan resiko stunting. Begitu bertemu anak dengan resiko atau mengalami stunting maka segera koordinasikan.

Selain program bapak dan ibu asuh, ada program lain yang dijalankan Pemkot Jambi untuk menekan angka stunting tahun ini. Program yang dimaksud di antaranya konseling pra nikah, dan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X