Obat Virus Corona Diurus Menkes, Masker Ditangani Menteri BUMN

- Sabtu, 21 Maret 2020 | 15:14 WIB
Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan obat dan sejumlah peralatan kesehatan untuk menghadapi pandemi global virus corona. (Unsplash/Simone Van Der)
Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan obat dan sejumlah peralatan kesehatan untuk menghadapi pandemi global virus corona. (Unsplash/Simone Van Der)

Pemerintah Indonesia terus mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan untuk menangani pandemi global virus corona (Covid-19). Mulai dari rumah sakit darurat, obat-obatan hingga alat kesehatan.

Untuk rumah sakit darurat, pemerintah sudah menunjuk Wisma Atlet Kemayoran. Selain itu, Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu dan Pulau Galang di Kepulauan Riau, juga ditunjuk sebagai tempat karantina pasien virus corona. 

Terkait obat-obatan, Presiden Joko Widodo telah memesan dua juta obat klorokuin dan tiga juta obat avigan. Untuk urusan obat virus corona, teknisnya berada di bawah kendali Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. 

Hal ini disampaikan Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rahman, dalam siaran diskusi Polemik bertajuk 'Covid-19 Ujian Kebersamaan Kita', Sabtu (21/3/2020) di Jakarta.

-
Pemerintah akan memproduksi jutaan masker untuk mengatasi kelangkaan barang tersebut di tengah pandemi global virus corona. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dalam kesempatan ini juga, Fadjroel mengatakan, pemerintah melalui Menteri BUMN Erick Thohir berupaya menyediakan masker, alat pelindung diri (APD), ventilator mekanik, dan berbagai alat medis lainnya.

"Insya Allah tiga juta lebih masker akan bisa masuk ke masyarakat pada 31 Maret ini," tutur Fadjroel.

Dia memastikan, pemerintah akan memproduksi 4,7 masker untuk mengatasi kelangkaan barang tersebut. Jubir Presiden juga menegaskan, tak ada lagi ekspor masker sejak Januari lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X