Selain Manchester City, 2 Klub Inggris Ini Juga Pernah Disponsori BUMN

- Jumat, 17 Januari 2020 | 10:54 WIB
Ilustrasi Logo. Kantor Asuransi Jiwasraya, Jalan Juanda, Jakarta. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Ilustrasi Logo. Kantor Asuransi Jiwasraya, Jalan Juanda, Jakarta. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Klub sepakbola asal Inggris ternyata menjadi favorit BUMN di Indonesia untuk menjalin kerjasama atau sponsor resmi

Pesona magis klub-klub terkenal seantero jagad itu diyakini mampu menjadi pendongkrak penjualan pihak-pihak yang menjadi sponsor, terlebih klub-klub sepakbola itu memiliki basis fans yang besar di Indonesia. 

Berikut Indozone rangkum 3 klub Premier League yang pernah disponsori perusahaan BUMN.

1. Manchester City FC

-
Manchester City (photo/Reuters/Carl Recine)

Klub yang merupakan juara kompetisi  liga Inggris tahun 2018-2019 itu pernah menjalin kerjasama dengan PT Asuransi Jiwasraya pada tahun 2014. 

Kesepakatan kerjasama yang berlangsung selama dua tahun itu belakangan ramai diperbincangkan publik lantaran dugaan skandal mega korupsi yang diduga dilakukan para petinggi Jiwasraya, terungkap oleh Kejaksaan Agung. 

2. Chelsea FC

-
Chelsea (photo/REUTERS/MatthewChilds)

Klub sepakbola Kota London, Chelsea FC ternyata pernah disponsori oleh PT Bank Negara Indonesia / BNI (Persero) pada tahun 2012. 

Ketika itu, BNI bekerja sama dengan Chelsea FC untuk menerbitkan produk co-branding untuk payment card seperti kartu kredit, kartu debit, dan kartu prepaid.

BNI merupakan bank pertama di Asia yang berhasil meraih kerja sama dengan Chelsea FC, dimana kerja sama ini menjadikan BNI sebagai satu-satunya bank BUMN di Indonesia yang bekerja sama dengan tim sepak bola internasional. 

Chelsea sendiri dalam 10 tahun terakhir meraih sejumlah gelar, termasuk juara Premier League. Bahkan BNI juga sukses memboyong Chelsea FC pada 2013 lalu, untuk berlaga di Gelora Bung Karno (GBK) dalam pertandingan persahabatan melawan Timnas Indonesia Selection. 

3. Liverpool FC

-
Liverpool (Action Images via Reuters/Matthew Childs)

Klub asal Kota Merseyside Inggris, Liverpool FC pernah disponsori oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pada tahun 2012 lalu. 

Kala itu, Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar menandatangani kontrak senilai US$9 juta per tahun untuk menampilkan logo Garuda Indonesia di seragam Liverpool FC dan memasang banner dipinggir lapangan saat klub berjuluk The Reds tersebut beraksi di Anfield Stadium. 

Tak hanya itu, pada 2013 lalu Garuda Indonesia juga sukses memboyong Liverpool FC untuk berlaga di Gelora Bung Karno (GBK) dalam ajang pertandingan persahabatan melawan Timnas Indonesia.

Pada waktu itu, Garuda Indonesia bahkan menerbangkan secara langsung para penggawa Liverpool FC dengan pesawat baru milik Garuda, yaitu Boeing 777, yang sekaligus menandai kiprah maskapai plat merah tersebut yang melayani penerbangan langsung (direct flight) London Heatrow - Jakarta. 

Direktur Pelaksana Liverpool kala itu, Ian Ayre dalam keterangan tertulis di situs klub mengatakan, memiliki mitra sebuah maskapai penerbangan berskala global yang memiliki ambisi besar sangat cocok dengan Liverpool. Indonesia dan Asia Tenggara, kata Ian Ayre, adalah tempat di mana ada banyak pendukung Liverpool, sehingga ini akan menjadi kemitraan yang sangat baik bagi klub," tuturnya dalam keterangan pers klub Liverpool ketika itu. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X