Kurang Makan, Singa-singa Afrika di Sudan Kurus
Singa yang kurus kelaparan di Taman Afrika, Sudan. (photo/Twitter/@0smanSalih)
News

Kurang Makan, Singa-singa Afrika di Sudan Kurus

Selasa, 21 Januari 2020 19:13 WIB 21 Januari 2020, 19:13 WIB

INDOZONE.ID - Tragedi kelaparan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat, singa-singa yang berada di Taman Singa Afrika, Sudan juga merasakan kelaparan. Para raja hutan itu terlihat kekurangan gizi dan sakit.

Kondisi parah singa-singa yang berada di kandang di Taman Al-Qureshi, satu daerah elit di ibu kota Khartoum, menyebabkan banyak pihak terkejut dan marah. Hal ini membuat para warganet menyerukan untuk membantu singa-singa tersebut agar tidak mati.

Banyak pihak yang menuntut agar singa-singa tersebut dipindahkan, karena selama berminggu-minggu para hewan itu tidak mendapatkan makanan dan obat-obatan cukup.

Osman Salih meluncurkan kampanye lewat Facebook, melalui oganisasi Sudananimalrescue atau Penyelamatan binatang di Sudan dan menulis rasa empatinya melihat para hewat tersebut.

"Saya gemetar saat melihat singa-singa ini di taman itu...Tinggal tulang dan kulit. Saya mendesak semua orang dan institusi untuk menolong binatang-binatang itu," tulisnya.

Tak hanya itu, ia juga menulis unggahan terbaru pada Senin (20/1/2020), untuk memberitahu bahwa ada satu singa betina yang mati.

"Dengan sedih saya memberitahu bahwa singa betina yang sakit sudah mati. Singa betina lain mulai membaik," tulisnya pada akun Twitter.

Kondisi singa-singa tersebut kehilangan bobot dan hanya tersisa berat badannya sepertiga dari tubuhnya. Hal itu juga disampaikan oleh para dokter hewan dan petugas taman.

"Makanan sering tak ada jadi kami membeli makanan dari uang kami sendiri," kata Essamelddine Hajjar, manajer di taman yang dijalankan oleh pemerintah kota dan sebagian didanai oleh pihak swasta.

Sudan tengah mengalami krisis ekonomi dipicu oleh meningkatnya harga makanan dan kekurangan devisa.

Penduduk Khartoum, para sukarelawan dan wartawan mengunjungi taman itu untuk melihat sendiri kondisi singa-singa setelah foto-foto singa viral di media sosial.

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU