Helm pintar Karya Mahasiswa UMM ini Sabet Medali Perunggu di Korsel
photo/dok.UMM
News

Helm pintar Karya Mahasiswa UMM ini Sabet Medali Perunggu di Korsel

Sabtu, 07 Desember 2019 00:36 WIB 07 Desember 2019, 00:36 WIB

INDOZONE.ID - Helm pintar yang merupakan karya dua mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yakni Tito Setyawal Putra dan Dwi Puji Laksono ini meraih medali perunggu di ajang inovasi tingkat dunia Seoul International Invention Fair (SIIF) 2019.

Berawal dari keprihatinan atas banyaknya kecelakaan lalu lintas yang tidak segera tertangani pada pengguna kendaraan roda dua atau sepeda motor, mereka pun berkreasi membuat helm pintar yang secara otomatis bisa mengirim koordinat Global Positioning System (GPS) saat pengendara mengalami kecelakaan lalu lintas.

"Kecelakaan lalu lintas ini menjadi pembunuh terbesar ke dua di dunia. Jumlah pengguna sepeda motor sangat banyak. Menurut data WHO, transportasi roda dua inilah yang paling sering terjadi kecelakaan, bahkan kecelakaan yang tidak diketahui, sehingga korban tidak tertolong dengan cepat," kata Tito Setyawal Putra di Malang, Jumat (06/12).

Seringnya terjadi kecelakaan yang tidak diketahui sehingga korban tidak bisa tertolong dengan cepat itulah, kata Tito, muncul ide untuk menemukan inovasi yang mampu membantu kondisi tersebut.

Lewat helm pintar yang dinamakan IOSHEL (Iot Smart Helmet), mereka berjaya di ajang yang diselenggarakan oleh Korea Invention Promotion Association (KIPA) dan didukung International Federation of Inventors' Association (IFIA), 30 November 2019 di Korea Selatan.

TAG
Kana
Kana

Kana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU