TNI Siap Evakuasi WNI di Wuhan, Tinggal Tunggu Putusan Menlu

- Kamis, 30 Januari 2020 | 16:14 WIB
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis, (30/1/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis, (30/1/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan TNI telah siap siaga untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok.

TNI hanya tinggal menunggu putusan dan juga arahan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) soal waktu evakuasinya. Diakuinya, TNI sudah mempersiapkan segala kebutuhan mulai dari pesawat dan juga tenaga medis.

"Kita menyiagakan pesawat. Kemudian juga menyiagakan tenaga medis. Lima hari yang lalu juga saya perintahkan Kapuskes TNI bersama Diskes Angkatan menyiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa termasuk baju astronot yang putih-putih itu, termasuk juga ruang isolasi itu saya juga minta, termasuk juga untuk memonitor panas tubuh manusia," ucapnya di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis, (30/1/2020).

Dia mengatakan TNI sudah menyiapkan semuanya termasuk juga dukungan pesawat-pesawat milik TNI untuk mengevakuasi WNI di Wuhan. Namun, pihaknya masih berkoordinasi dengan Menlu soal waktu evakuasinya. Termasuk mempertimbangkan menyewa pesawat sipil jika memang diperlukan.

"Ya nanti kami tunggu perintah dari Menlu. Ini leading sector-nya kan Menlu, kami yang penting siap kapan Bu Menlu minta bantuan, kita siap," tegasnya.

 

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X