Kementerian Ini Paling Banyak Buka Formasi CPNS 2019

- Selasa, 29 Oktober 2019 | 09:05 WIB
Ilustrasi seleksi CPNS (Antara/Jojon).
Ilustrasi seleksi CPNS (Antara/Jojon).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) resmi mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Pendaftaran mulai dibuka pada 11 November mendatang.

Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 tertuang dalam surat No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 yang ditandatangani oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo. Pada tahun ini akan dibuka penerimaan CPNS di 68 kementerian/lembaga dan 462 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

"Pendaftaran direncanakan dimulai pada 11 November 2019, secara online melalui SSCASN BKN. Pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Koto," ujar Tjahjo dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (28/10).

Dari seluruh kementerian/lembaga yang membuka seleksi CPNS, Kementerian Agama menjadi tempat yang paling banyak membuka formasi. Instansi yang dipimpin Fachrul Razi itu menyediakan 5.815 formasi untuk putra-putri terbaik bangsa tahun ini. 

Adapun yang paling sedikit membuka formasi adalah Kementerian Riset dan Teknologi, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kedua instansi itu hanya menyediakan 11 formasi tahun ini. 

Seperti pada rekrutmen sebelumnya, pendaftaran CPNS dilakukan di website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). Pengumuman pendaftaran CPNS akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi online per 11 November 2019. Sebulan setelahnya, diagendakan muncul informasi hasil seleksi administrasi. 

Kemudian, dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020, dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020. Hasil SKD dijadwalkan muncul Maret 2020. Diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Adapun integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan pada April 2020.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X