Dapat Asap Kiriman, Kualitas Udara di Palembang Kembali Memburuk

- Jumat, 11 Oktober 2019 | 09:36 WIB
Ilustrasi kabut asap. (Antara/Feny Selly)
Ilustrasi kabut asap. (Antara/Feny Selly)

Kualitas udara di Kota Palembang kembali memburuk akibat asap kiriman dari wilayah yang terpapar kebakaran hutan dan lalhan (karhutla) di Sumatera Selatan, Jumat (11/10).

Berdasarkan data air visual terintegrasi satelit hingga pukul 08.30 WIB, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Palembang berada pada angka 359 dengan kategori berbahaya.

Asap kiriman tersebut mulai meningkat intensistasnya sejak Kamis (10/10) sore, pasca hujan ringan di beberapa lokasi. Hal tersebut membuat jarak pandang terbatas.

"Kabut asap di Kota Palembang merupakan kiriman dari wilayah Banyuasin I, Tulung Selapan dan Mesuji yang berada di arah tenggara Kota Palembang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Bambang Beny Setiaji.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan, Ansori, menambahkan bahwa intensitas asap terus berlanjut dan meningkat seiring menyebarnya titik panas yang terpantau berjumlah 414 titik selama 24 jam terakhir.

"263 titik atau setengahnya ada di Kabupaten OKI yang berada di sisi tenggara Kota Palembang," jelas Anshori.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X