Berikut 6 Fakta Hillary Brigitta Lasut, Anggota DPR RI Termuda

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 15:10 WIB
photo/Instagram/@hillarylasut/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
photo/Instagram/@hillarylasut/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Anggota DPR dari Partai NasDem, Hillary Brigitta Lasut menjadi sorotan publik ketika membuka sidang pengambilan sumpah jabatan anggota DPR/MPR dan DPD periode 2019-2024, pada Selasa (1/10).

Hillary merupakan anggota DPR termuda berusia 23 tahun yang ditunjuk sebagai Wakil Ketua MPR dan DPR sementara dalam sidang yang dipimpin Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali tersebut.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (2/10), berikut ini 6 fakta tentang Hillary Brigitta Lasut:

1. Putri Seorang Bupati

-
photo/Instagram/@hillarylasut

Wanita kelahiran 22 Mei 1996 ini merupakan putri dari pasangan kepala daerah di wilayah Sulawesi Utara yakni Bupati Kepulauan Talaud terpilih periode 2019-2024, Elly Engelbert Lasut dan Telly Tjanggulung, mantan Bupati Minahasa Tenggara.

2. Kenyataan Pahit dari Orang Tuanya

-
photo/Instagram/@hillarylasut

Pada 2010 lalu, Hillary pernah mendapat pukulan keras saat sang ayah, Elly Engelbert tersandung kasus korupsi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) fiktif saat menjabat sebagai Bupati Talaud periode 2004-2009. Hal ini jugalah yang membuat Elly harus mundur dari kursi bupati di periode selanjutnya.

Setahun menjadi terdakwa kasus SPPD fiktif, Elly kembali terjerat kasus yang sama. Ia didakwa melakukan tindak pidana korupsi bantuan sosial pendidikan, Gerakan Daerah Orang Tua Asuh (GD-OTA) tahun 2007-2008. 

Namun Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Manado menjatuhkan vonis bebas terhadap Elly. Dalam amar putusan perkara GD-OTA sama dengan kasus SPPD yang menjerat Elly 7 tahun penjara.

Di pengadilan, Elly mempersembahkan putusan tersebut kepada sang putri Hillary yang kala itu berumur 16 tahun. Elly mengaku senang karena putusan tersebut didengar langsung oleh Hillary.

3. Mendapat Gelar Master di Amerika Serikat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hillary Brigitta Lasut,.SH,LLM (@hillarylasut) on

Hillary Lasut menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Universitas Pelita Harapan. Dia kemudian melanjutkan studi pascasarjana di Washington University in St. Louis 'Washu', Amerika Serikat.

4. Lahir dan Besar di Perbatasan Indonesia

-
photo/Instagram/@hillarylasut

Hillary lahir dan besar di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara yang berada di bagian utara Indonesia timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Pulau Mindanao, Filipina.

5. Lolos ke Senayan dengan 70 Ribu Suara

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Hillary terpilih menjadi anggota DPR dengan memperoleh 70.345 suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019. Pada Selasa (1/10) lalu, Hillary Lasut dilantik menjadi anggota DPR bersama 575 wakil rakyat lainnya.

6. Ingin Fokus di Bidang Hukum dan HAM

-
photo/Instagram/@hillarylasut

Setelah resmi menjadi anggota DPR RI, Hillary Lasut memastikan akan berada di komisi III yang membidangi hukum dan hak asasi manusia (HAM). Meskipun, Surat Keputusan (SK) dari fraksi tempatnya bernaung yakni Fraksi Nasional Demokrat (NasDem), belum keluar.

"Hampir pasti aku di Komisi III sih. Soalnya latar belakang keilmuan," kata Hillary di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X