Kata Pengamat soal Survei Kinerja 100 Hari Jokowi-Ma'ruf
Presiden Jokowi (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
News

Kata Pengamat soal Survei Kinerja 100 Hari Jokowi-Ma'ruf

Publik harus kritis.

Senin, 17 Februari 2020 15:13 WIB 17 Februari 2020, 15:13 WIB

INDOZONE.ID - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra, meminta publik kritis menyikapi survei kepuasan masyarakat akan kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin. Meski hasil surveinya tinggi, Dedi menganggap situasi itu tidak bisa dijadikan patokan.

"Kondisi kualitatifnya bisa berbeda dengan hasil survei. Kita bisa catat dari banyaknya persoalan yang tidak selesai, bahkan lebih buruk, semisal kemiskinan, pemberantasan korupsi, juga keberpihakan pemerintah terhadap ekonomi rakyat," kata Dedi ketika dihubungi Indozone, Senin (17/2/2020).

Menurut Dedi, membaca survei tidak hanya mengandalkan angka satu sisi, karena ada beragam skema angka yang dipilih untuk disampaikan. Dia menganggap 70% kepuasan masyarakat itu bisa benar, tetapi tidak sepenuhnya menggambarkan kondisi nyata.

"Jadi, menyalahkan survei tidak bijak, tetapi mengamini begitu saja juga tidak benar. Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin mengakui gagal meningkatkan indeks ekonomi yang hanya bertahan di 5%. Ini tentu bisa dijadikan rujukan jika memang banyak persoalan yang alih-alih selesai, terlihat diupayakan pun tidak," tutur Dedi. 

Jika merinci hasil kinerja Jokowi periode kedua, Dedi menilai banyak hal semakin menyulitkan. Mulai dari bagaimana kebijakan subsidi sulit didapat, kenaikan iuran jaminan kesehatan, hingga tata kelola harga-harga pokok.

"Itu persoalan dasar yang bisa disebut gagalnya pemerintah mengelola negara," tutur Dedi. 

Sebelumnya, Lembaga survei Indo Barometer melakukan survei atas kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasilnya, 70% masyarakat puas. 

Survei dilakukan Indo Barometer pada Januari 2020. Dibandingkan data hasil survei periode pertama pada lima tahun lalu, tingkat kepuasan masyarakat lebih tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Ivanrida
Mula Akmal
Fauzi

Fauzi

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU