Merapi Hujan Abu, DPR Minta Ibu dan Anak Jadi Prioritas

- Selasa, 3 Maret 2020 | 16:46 WIB
Letusan Gunung Merapi terlihat dari Bulit Klangon, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Akibatnya Bandara Adi Sumarno ditutup sementara. (ANTARA FOTO/Rizky Tulus)
Letusan Gunung Merapi terlihat dari Bulit Klangon, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Akibatnya Bandara Adi Sumarno ditutup sementara. (ANTARA FOTO/Rizky Tulus)

Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Ihsan Yunus meminta, keselamatan ibu dan anak menjadi prioritas dalam penanganan erupsi Gunung Merapi.

Pasalnya, hingga saat ini abu tipis tampak menyelimuti jalanan utama di ruas Boyolali-Solo akibat erupsi Gunung Merapi tadi pagi. 

"Tentu yang paling prioritas adalah ibu-ibu dan anak-anak. Hujan abu ini kan bisa berpotensi ISPA maupun penyakit yang lain. Yang paling rentan tentu Ibu dan Anak" ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Selasa, (3/3/2020).

Menurutnya, para stakeholder yang menangani soal bencana erupsi ini harus melaksanakan prosedur penanganan dengan cepat dan tepat sasaran.

"Kerjasama BNPB, TNI, Polri, dan unsur masyarakat lain sangat penting di lapangan saat ini. Saya minta semua lakukan prosedur yang tepat sasaran, agar masyarakat di daerah terdampak bisa mendapatkan perlindungan" harapnya.

Sebelumnya, Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta  kembali erupsi pada Selasa (3/3/2020) pagi. Hujan abu terjadi tidak hanya di Boyolali dan Klaten, namun sudah sampai ke Kota Solo dan sekitarnya.

Bahkan sudah sampai ke Solo, Sukoharjo dan sekitarnya. Padahal jarak Kota Solo hingga Merapi cukup jauh, yakni sekitar 40 kilometer.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X