Pesawat Garuda Nyaris Tabrakan, Ditjen Hubud akan Investigasi

- Jumat, 13 Desember 2019 | 20:43 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda indonesia (Antara)
Ilustrasi pesawat Garuda indonesia (Antara)

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan melakukan investigasi lebih lanjut pasca insiden 2 (dua) pesawat milik Maskapai Garuda Indonesia berhadapan (head on) pada satu taxiway di Bandar Udara Soekarno-Hatta, pada hari Kamis (12/12).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, menjelaskan bahwa insiden taxiway Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta akan ditindaklanjuti dengan dilakukan investigasi lebih lanjut dengan memanggil pilot dan petugas ATC yang bertugas.

"Akan kami tindaklanjuti," demikian disampaikan Polana dalam keterangannya, Jumat (13/12).

Untuk diketahui, insiden taxiway di Bandara Soekarno Hatta dialami oleh 2 Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR, pada 12 Desember 2019 pukul 10.26 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima, kronologis sementara, GA-649 landing pada Runway RWY07L dan diarahkan oleh petugas ATC untuk masuk ke NC4 dan NP1, kemudian holdshort pada NC3, namun kemudian pilot masuk ke NP2. Pada saat yang bersamaan, pesawat Garuda Indonesia GA-264 telah berada di Taxiway NP2, sehingga menyebabkan kedua pesawat tersebut berada pada kondisi berhadapan (head on).

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Herson, memastikan bahwa operasional penerbangan di Bandar Udara Soekarno Hatta tidak terganggu pasca insiden taxiway incursion (head on).

“Dapat dipastikan, operasional penerbangan, pasca insiden salah taxi atau head on pesawat Garuda Indonesia, tidak terganggu. Saat ini, kami sedang meminta data dan melakukan investigasi lanjut,” jelas Herson dalam kesempatan yang sama. 

Pada kejadian tersebut, pesawat terbang GA-649 dilakukan towing keluar dari taxiway hingga operasional bandar udara berjalan normal. Tidak terjadi kerusakan apapun pada kedua pesawat dan seluruh penumpang selamat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X