KCIC Pastikan Konstruksi Kereta Cepat Tidak Terpengaruh Pencurian 118 Ton Besi Proyek

- Kamis, 11 November 2021 | 22:12 WIB
Proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung di Tambun, Kabupaten Bekasi (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung di Tambun, Kabupaten Bekasi (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan pelaksanaan konstruksi utama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dalam kondisi aman dan tidak terpengaruh kasus pencurian 118 ton besi proyek di Halim.

Corporate Secretary KCIC Mirza Soraya menyatakan besi-besi yang dicuri tersebut bukanlah bagian dari komponen konstruksi utama lintasan KCJB, namun besi untuk kebutuhan pendukung (temporary support).

"Konstruksi utama KCJB aman. Besi-besi yang dicuri adalah besi untuk keperluan temporary support seperti H-beam, scaffolding, dan sebagainya. Bukan besi tulangan yang dipakai pada konstruksi lintasan atau stasiun," katanya.

Mirza menekankan saat ini pihaknya sudah meningkatkan keamanan di seluruh area tersebut, termasuk bekerja sama dengan pihak kepolisian dan tokoh masyarakat setempat, serta menambah pos penjagaan serta memasang CCTV di lokasi rawan pencurian.

KCIC juga meningkatkan kekuatan pagar pembatas agar tidak mudah dijebol, lalu memeriksa berkala terhadap material dan peralatan bantu, serta melakukan review dan monitoring secara lebih intens.

"Seluruh pihak proyek KCJB terus meningkatkan pengamanan yang maksimal atas aset-aset di proyek KCJB, terutama di titik rawan sehingga kejadian serupa tidak terulang. Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian dan tokoh masyarakat setempat," katanya.

Terkait dugaan keterlibatan orang dalam, Mirza mengatakan sampai saat ini belum mendapat indikasi mengenai hal tersebut. Pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya pengusutan kasus pencurian ke pihak kepolisian serta mendukung upaya penangkapan terhadap pelaku pencurian sampai tuntas.

"Kami belum mendapat indikasi adanya keterlibatan orang dalam dan hal ini menjadi wewenang pihak kepolisian. Kami juga akan memberikan dukungan penuh bagai kepolisian untuk mengungkap semua pelaku," katanya.

Seperti diketahui, polisi berhasil menangkap 5 dari 9 pelaku pencurian 118 ton besi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X