Santri Tutup Kuping saat Dengar Musik, Komisi VIII: Jangan Labeli Radikal!

- Kamis, 16 September 2021 | 15:48 WIB
Anak-anak santri tutup telinga ketika divaksin. (Instagram)
Anak-anak santri tutup telinga ketika divaksin. (Instagram)

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta masyarakat tidak meributkan hal-hal yang tidak substansial, apalagi sambil menuduh pihak-pihak tertentu radikal.

Hal ini dikatakan Yandri perihal video para santri Ma’had Tahfidz Al-Quran yang menutup kuping secara bersama-sama di acara vaksinasi, pasalnya di tempat itu diperdengarkan musik untuk peserta vaksin yang menunggu giliran.

“Sudah bagus para santri ini mau divaksin. Itu sikap dari pondok, pengasuh, dan para santrinya yang luar biasa. Soal tidak mau mendengarkan musik, boleh saja. Mereka tidak merugikan siapapun, tidak melanggar hukum,” ujar Yandri kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini berkata siapapun tak perlu sinis pada sikap para santri tersebut. Ia menilai wajar para santri menutup kupingnya saat mendengar musik karena menjaga hafalan Al-Quran bukanlah sesuatu yang mudah.

“Jangan gampang melabeli orang lain radikal lah. Itu sikap yang biasa. Mereka santri penghafal Al-Quran. Wajar saja jika ingin memilih fokus pada hafalannya dan tidak mau mendengar musik. Itu hak mereka,” tegasnya.

“Setiap sel dalam tubuh kita punya memori tersendiri, telinga punya memori tersendiri, kalau santri penghafal Quran tidak mau telinganya diisi memori lain selain Al-Quran, itu pilihan mereka. Tidak menjelaskan mereka radikal,” imbuh Yandri.

Sebelumnya diketahui Viral di media sosial video yang memperlihatkan para santri menutup telinga saat mendengarkan lagu barat diputar di lokasi vaksinasi Covid-19.

Video ini pun menuai pro kontra di antara netizen dan tokoh publik. Ada yang nyinyir dan mengatakan perbuatan santri tersebut lebay. Namun, ada juga yang mengatakan ini merupakan tindakan toleransi, karena mereka berusaha menjaga diri mereka tanpa merugikan orang lain.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X