Krisdayanti Klarifikasi Soal Gaji Ratusan Juta Sebagai Anggota Dewan

- Rabu, 15 September 2021 | 13:27 WIB
Krisdayanti. (Instagram/krisdayantilemos)
Krisdayanti. (Instagram/krisdayantilemos)

Diva Indonesia Krisdayanti yang merupakan anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan mengklarifikasi pernyataannya soal gaji ratusan juta yang ia terima sebagai anggota dewan.

Sebelumnya, KD mengaku mendapatkan gaji dengan total ratusan juta sebagai anggota dewan setiap bulannya di mana jumlah tersebut termasuk dana reses atau dana aspirasi.

"Dana reses bukanlah merupakan bagian dari pendapatan pribadi anggota DPR,"ujar KD dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/9).

KD menyebut, dana reses senilai Rp450 juta itu digunakan untuk kegiatan reses yang berguna menyerap aspirasi rakyat di dapil masing-masing dan anggaran itu wajib digunakan oleh anggota dewan dalam menjalankan tugasnya.

"Aspirasi ini yang kemudian disalurkan anggota DPR dalam bentuk kerja-kerja legislasi, pengawasan dan anggaran, sebagaimana fungsi DPR RI yang diamanatkan konstitusi," katanya.

Dana reses sendiri digunakan untuk membiayai berbagai teknis kegiatan yang berasal dari usulan masyarakat, salah satunya pertemuan biasa antar anggota DPR dengan masyarakat, hingga kegiatan-kegiatan tertentu yang menjadi kebutuhan masyarakat. Karenanya, dana reses yang berasal dari rakyat, akan kembali pula ke masyarakat namun dalam bentuk kegiatan.

"Penggunaan anggaran negara ini dilakukan berdasarkan asas kemanfaatan, keadilan, transparansi dan akuntabilitas, sehingga wajib dilaporkan ke Sekretariat Dewan di masing-masing tingkatan, dan dalam hal DPR RI, diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," katanya.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X