Joe Biden Hentikan Pendanaan AS untuk Proyek Bahan Bakar Fosil di Luar Negeri

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 08:50 WIB
Presiden AS, Joe Biden. (REUTERS/Leah Millis)
Presiden AS, Joe Biden. (REUTERS/Leah Millis)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memerintahkan badan pemerintahan AS untuk segera menghentikan pembiayaan proyek bahan bakar fosil karbon di luar negeri.

Nantinya AS akan memprioritaskan kolaborasi internasional untuk menyebarkan teknologi energi bersih, menurut pernyataan diplomatik AS dilansir Reuters, Sabtu (11/12/2021).

Penghentian dana proyek bahan bakar fosil yang dilakukan AS ini bertujuan untuk mengakhiri dukungan keuangan AS dalam proyek energi batubara dan intensif karbon di luar negeri.

Baca juga: China Berencana Kurangi Penggunaan Bahan Bakar Fosil di Bawah 20% Tahun 2060

"Tujuan dari kebijakan tersebut ialah untuk memastikan bahwa sebagian besar keterlibatan energi internasional AS mempromosikan energi bersih, memajukan teknologi inovatif, meningkatkan daya saing teknologi bersih AS, dan mendukung transisi net-zero, kecuali dalam kasus yang jarang terjadi di mana ada keamanan nasional yang memaksa, manfaat geostrategis, atau pengembangan/akses energi dan tidak ada alternatif karbon yang lebih rendah yang dapat mencapai tujuan yang sama," bunyi pernyataan itu.

Kebijakan tersebut melarang pembiayaan pemerintah AS untuk proyek batubara luar negeri yang tidak menangkap atau hanya menangkap sebagian emisi karbon, yang memungkinkan lembaga federal terlibat dalam pembangkit batu bara jika proyek menunjukkan penangkapan emisi penuh atau penghentian bertahap yang dipercepat.

Sementara itu, kelompok lingkungan mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah lama mereka ajukan. Namun, mereka menilai bahwa kebijakan ini masih kurang jelas sehingga bisa saja membuat kebijakan itu tidak berarti.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X