Rusia Siap Kirim Peringatan "Hari Kiamat" ke Barat

- Senin, 9 Mei 2022 | 00:56 WIB
Rudal milik Rusia. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Rudal milik Rusia. (REUTERS/Maxim Shemetov)

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengirimkan peringatan "Hari Kiamat" ke Barat saat memimpin perayaan peringatan 77 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman, pada hari ini, Senin (9/5/2022).

Peringatan "Hari Kiamat" berupa aksi mengacungkan senjata besar itu dilakukan di tengah peperangan melawan Ukraina.

Seperti dilansir Reuters baru-baru ini, hal itu dilakukan Putin sebagai bentuk upaya menghadapi isolasi Barat. Putin rencananya akan berbicara di Lapangan Merah di depan parade pasukan, tank, roket dan rudal balistik antarbenua.

"Sebuah fly-past di atas Katedral St Basil akan mencakup pesawat tempur supersonik, pembom strategis Tu-160 dan, untuk pertama kalinya sejak 2010, pesawat komando 'kiamat' Il-80, yang akan membawa petinggi Rusia jika terjadi perang nuklir," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Dalam skenario itu, Il-80 dirancang untuk menjadi pusat komando jelajah presiden Rusia yang dikemas dengan teknologi. Tetapi detail spesifik rancangan itu adalah rahasia negara Rusia.

BACA JUGA: Tak Kunjung Sudahi Invasi ke Ukraina, Uni Eropa Siap Beri Rusia Sanksi Baru

Pemimpin Kremlin berusia 69 tahun itu telah berulang kali menyamakan perang di Ukraina dengan tantangan yang dihadapi Uni Soviet ketika Nazi pimpinan Adolf Hitler menyerbu pada tahun 1941.

"Upaya untuk menenangkan agresor pada malam Perang Patriotik Hebat ternyata merupakan kesalahan yang merugikan rakyat kita," kata Putin pada 24 Februari ketika dia mengumumkan apa yang dia sebut operasi militer khusus di Ukraina.

"Kami tidak akan membuat kesalahan seperti itu untuk kedua kalinya, kami tidak berhak," tegas Putin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X