Hampir 100 Ribu PNS Misterius Dapat Gaji, Tapi Tidak Ada Orangnya

- Senin, 24 Mei 2021 | 16:12 WIB
Ilustrasi PNS/ASN (Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra)
Ilustrasi PNS/ASN (Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra)

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengakui pada 2014 pihaknya menemukan hampir 100 ribu atau tepatnya 97 ribu data Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan atau Aparatur Sipil Negara (ASN) fiktif.

Dalam tayangan YouTube BKN Kick-off Meeting Pemutakhiran Data Mandiri ASN dan PPT non ASN, Bima menjelaskan fakta tersebut ditemukan pada saat pihaknya melakukan pendataan ulang dengan sistem elektronik yang dilakukan oleh masing-masing PNS.

Sehingga tidak dilakukan secara manual biro kepegawaian seperti tahun-tahun sebelumnya itu.

"Hasilnya ternyata hampir 100 ribu, tepatnya 97 ribu data itu misterius, dibayarkan gajinya, membayarkan iuran pensiun, tapi tidak ada orangnya," kata Bima dalam tayangan Youtube seperti dikutip, Senin (24/5/2021).

BACA JUGA: Terus Bertambah, Warga Cipayung yang Positif Covid-19 Jadi 104 Orang

Lebih lanjut, Bima mengatakan sistem pendataan ulang oleh masing-masing PNS menjadi lebih akurat. Tidak menutup kemungkinan kedepannya, BKN akan melakukan pendataan ulang setiap waktu.

"Pada hari ini kita akan melakukan hal tersebut, tetapi sistemnya kita ubah. Kita lakukan tidak secara berkala, tapi setiap waktu dan dilakukan oleh masing-masing PNS atau ASN," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X