Ketua MPR RI Serukan Vaksinasi Ideologi di Sidang Tahunan

- Senin, 16 Agustus 2021 | 11:16 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Dok. DPR RI)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Dok. DPR RI)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak yang nyata di Indonesia. Salah satu dampaknya adalah masalah ekonomi.

"Sebagaimana kita pahami, pandemi Covid-19 tidak hanya memiliki dampak ekonomis yang nyata dengan meningkatnya angka pengangguran, kemiskinan, kesenjangan yang berpotensi menimbulkan permasalahan dalam bidang-bidang lainnya," kata Bambang dalam pidato di sidang tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menekankan perlu adanya kewaspadaan terhadap potensi bangkitnya nilai-nilai, paham individualisme, komunisme, intoleransi, separatisme, radikalisme, terorisme, dan etno nasionalisme di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR RI

Maka dari itu, Bamsoet menilai dalam upaya memerangi pandemi Covid-19 tidak hanya sekadar vaksinasi yang masuk ke dalam tubuh yuntuk meningkatkan ketahanan tubuh, namun juga harus dibarengi dengan upaya vaksinasi ideologi kepada masyarakat.

"Oleh karena itu upaya memerangi pandemi Covid-19 beserta dampaknya tidak hanya dilakukan dengan meningkatkan ketahanan tubuh kita dengan vaksinasi, tetapi harus dibarengi dengan upaya melakukan vaksinasi ideologi untuk meningkatkan ketahanan ideologi masyarakat kita," kata Bamsoet dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021).

Dia menyebut MPR RI terus melakukan vaksinasi ideologi Pancasila melalui sosialisasi empat pilar MPR, yaitu , yaitu Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah tanah air.

"Melalui vaksinasi ideologi, kami meyakini segala potensi ancaman dan gangguan yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa akan dapat dicegah dan ditangkal," tegas Bamsoet.

Politikus Partai Golkar ini mengharapkan dengan adanya pandemi Covid-19 dapat semakin memperkuat ketahanan ideologi bangsa Indonesia.

"Dengan badai Covid-19 justru akan semakin memperkuat  ketahanan ideologi bangsa kita , sehingga covid-19 tidak hanya menjadi tantangan, tetapi menjadi peluang untuk bangkit beradaptasi  dengan tuntutan dinamika, situasi dan kondisi  yang baru," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X