Operasi Militer AS di Suriah Berhasil Tewaskan Pimpinan ISIS

- Jumat, 11 Maret 2022 | 11:53 WIB
Ilustrasi bendera ISIS. (Istimewa)
Ilustrasi bendera ISIS. (Istimewa)

Kelompok ISIS pada Kamis (10/3/2022) membenarkan bahwa pemimpin mereka, Abu Ibrahim Al-hashemi Al-Quraishi, beserta juru bicaranya Abu Hamza Al-Quraishi tewas dan menunjuk Abu Al-Hassan Al-hashemi Al-Quraishi sebagai penggantinya.

Seperti disadur dari Reuters, Jumat (11/3/2022) Quraishi merupakan cendekiawan sekaligus tentara di militer mantan pemimpin Irak Saddam Hussein yang memimpin ISIS selama lebih dari dua tahun.

Ia tewas dalam penyerbuan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di Suriah pada Februari ketika meledakkan bom, yang menewaskan dirinya bersama anggota keluarganya, kata pemerintah AS.

Baca Juga: Tetangga Tak Curiga Kegiatan Terduga Teroris di Kalteng karena Ramah

Kematian Quraishi, 45 tahun, kembali menjadi pukulan keras bagi ISIS dua tahun setelah kelompok tersebut kehilangan pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi, dalam penyerbuan serupa pada 2019.

ISIS tidak membantah atau pun menyangkal narasi AS itu. Jubir ISIS yang baru, Abu Umar al Muhajir, lewat rekaman pidato pada Kamis mengatakan bahwa pertempuran terakhir Quraishi terjadi di penjara Ghuwayran di Kota Hasaka, timur laut Suriah.

Sedikitnya 200 napi dan milisi serta 30 pasukan keamanan tewas dalam serangan ISIS di penjara tersebut pada Januari dalam upaya melepaskan anggota mereka, kata sejumlah pejabat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X