Perketat Prokes, Pemprov DKI Larang Warga Tak Bermasker Masuk Pasar

- Minggu, 2 Mei 2021 | 13:46 WIB
Warga padati Tanah Abang jelang Idul Fitri. (photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Warga padati Tanah Abang jelang Idul Fitri. (photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali meminta Perumda Pasar Jaya memperketat pengawasan protokol kesehatan kepada pasar di bawah naungannya. Hal ini untuk menekan kasus penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta.

"Mulai hari ini hingga seterusnya, kita akan menempatkan satgas Covid-19 untuk mengatur pengunjung dan menertibkan pelanggar protokol kesehatan. Intinya, setiap pengunjung dilarang memasuki area pasar jika tidak mengenakan masker," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5).

Di sisi lain, Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menjelaskan, pihaknya akan melakukan evaluasi pengawasan hingga pengaturan pengunjung di setiap pasar, khususnya Pasar Tanah Abang. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan harus disiplin dan jangan lengah.

"Kita tegaskan bahwa tidak ada pelarangan untuk berbelanja di pasar. Kita hanya akan mengatur kembali skema pengawasan, agar tidak terjadinya kerumunan yang berpotensi menciptakan klaster baru di area pasar," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah pengunjung di Pasar Tanah Abang membludak menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Polda Metro Jaya harus turun tangan untuk menertibkan kerumunan yang terjadi.

"Menyangkut masalah yang ramai di Tanah Abang, pertama kita dari pihak kepolisian akan menindaklanjuti kita akan melakukan pendisiplinan masyarakat untuk masyarakat taat aturan 5M jangan sampai terjadi kerumunan lagi di sana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/5).

Dia menyampaikan aparat keamanan menyikapi serius terjadinya kerumunan di lokasi tersebut. Untuk itu, pihaknya bakal mendirikan posko pengamanan di lokasi.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X