DPR Kritik Foto Pejabat Kementan Gunakan Seragam Loreng Bersama Ketum NasDem

- Selasa, 16 November 2021 | 14:11 WIB
Tangkapan layar pejabat Kementan menggunakan seragam loreng bersama Ketum NasDem Surya Paloh. (Istimewa)
Tangkapan layar pejabat Kementan menggunakan seragam loreng bersama Ketum NasDem Surya Paloh. (Istimewa)

Beredar sebuah foto menunjukkan sejumlah pejabat Eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) mengenakan seragam loreng biru kuning, saat berfoto dengan Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan Menteri Pertanian yang juga merupakan kader NasDem, Syahrul Yasin Limpo.

Adapun seragam loreng ini mirip dengan Komando Strategis Partai Nasdem. Para pejabat ini adalah Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa pejabat lainnya.

Hal ini pun menjadi sorotan Komisi IV DPR RI, saat sejumlah eselon I Kementan melakukan rapat dengar pendapat yang berlangsung pada Senin (15/11/2021).  Rapat dibuka oleh Wakil Ketua Komisi dari Fraksi PKB Anggia Erma Rini.

Kemudian ada beberapa anggota menanyakan foto para eselon I menggunakan seragam loreng, yang diduga milik Partai NasDem.

Baca juga: Surya Paloh: Jika Konstitusi Tidak Membatasi, NasDem Ingin Dukung Jokowi Lagi

Sekjen Kementan Kasdi menjelaskan, kehadiran dirinya bersama beberapa eselon lainnya secara formal ingin menghormati acara tersebut.

“Kehadiran kami dengan atribut itu meskipun secara formal kami tidak dalam posisi itu sebenarnya, kami ingin menghormati acara tersebut, dan kami hadir bersama dengan menteri (Syahrul Yasin Limpo),” kata Kasdi.

Kasdi pun melontarkan permintaan maaf jika menggunakan seragam loreng menjadi sebuah hal yang kurang berkenan bagi anggota dewan.

“Tidak ada maksud lain. Mohon maaf kalau memang itu bagian yang kurang berkenan di bapak, ibu sekalian. Tapi sesungguhnya apa di hati kami tetap dalam upaya birokrat, karena ini menghormati, kami menggunakan atribut itu,” katanya menjelaskan.

Setelah itu Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan seharusnya sebagai ASN, tidak etis menggunakan seragam sebuah partai. Ia menyoroti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang tidak mengenakan seragam walaupun notabennya adalah kader.

“Lain kali jangan lah, kalau pakai baju biru ya wajar, orang pak menterinya enggak pakai kok. Sudah lah pak ya, jual kemampuan, jangan jual harga diri. Tolong, tolong jaga netralitas,” ucapnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi NasDem, Rusdi Masse Mappasessu menegaskan, dirinya tidak mengenal seragam yang dikenakan oleh eselon I Kementan.

“Kami di Nasdem tidak mengenal seragam itu.  Di Nasdem, di sayap maupun di badan, tidak ada organisasi itu di struktur. Enggak ada,” kata Rusdi menegaskan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X