PBB Kecam Taliban karena Langgar Janji Terhadap Perempuan Afghanistan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:14 WIB
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres . (REUTERS/Eduardo Munoz)
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres . (REUTERS/Eduardo Munoz)

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengecam Taliban karena telah melanggar janji-janji terhadap kaum wanita dan anak-anak perempuan di Afghanistan.

"Saya sangat khawatir melihat janji yang dibuat untuk perempuan dan anak perempuan Afghanistan oleh Taliban dilanggar," ujar Guterres, Selasa (12/10), dikutip dari AFP.

Ia mengatakan, janji yang telah dilanggar Taliban, memberikan mimpi buruk bari anak dan wanita di Afghanistan.

"Saya sangat mengimbau Taliban untuk menepati janji mereka kepada perempuan dan anak-anak perempuan dan memenuhi kewajiban mereka di bawah hukum hak asasi manusia dan kemanusiaan internasional," sambungnya.

"Delapan puluh persen ekonomi Afghanistan adalah informal, dengan peran perempuan yang lebih besar. Tanpa mereka, tidak mungkin ekonomi dan masyarakat Afghanistan akan pulih," sambungnya.

Guterres juga mendesak dunia untuk memberikan sumbangan uang lebih banyak ke Afghanistan guna mencegah keruntuhan ekonomi.

"Kita perlu mencari cara untuk membuat perekonomian kembali bernafas. Ini bisa dilakukan tanpa melanggar hukum internasional atau prinsip-prinsip kompromi," ujarnya.

"Saya mendesak dunia untuk mengambil tindakan dan menyuntikkan likuiditas ke dalam ekonomi Afghanistan untuk menghindari kolapsnya (ekonomi)," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X