The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Perokok Berat yang Akhirnya 'Tobat', Hidupnya Kini Berubah Drastis usai Sempat Koma
Perokok berat yang berhasil sembuh dari sakit paru-paru. (Tangkapan layar)
News

Kisah Perokok Berat yang Akhirnya 'Tobat', Hidupnya Kini Berubah Drastis usai Sempat Koma

Selasa, 22 Juni 2021 15:03 WIB 22 Juni 2021, 15:03 WIB

INDOZONE.ID - Viral kisah seorang perokok berat yang akhirnya berhasil 'tobat' dan mengubah gaya hidupnya jadi lebih sehat. Selain perokok berat, pria yang diketahui bernama Raihan Helmi ini juga sering begadang.

Meski sudah sering dinasihati orangtuanya agar tidak pulang pagi, namun ia tidak pernah mengindahkannya. Hingga suatu hari, ia mendapat ujian berat. Dia harus menjalani serangakaian perawatan karena paru-parunya mengeluarkan cairan.

Raihan mengaku dadanya sangat sakit saat itu sampai ia tak bisa berkata-kata. Tubuhnya juga penuh selang saat itu. Ia pun hanya bisa terbaring lemas di atas ranjang.

"Saat itu saya merasakan sakit sesakit mungkin di dada. Sampe saya masuk ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut," kata Raihan dalam keterangan videonya.

Hingga akhirnya, dokter memutuskan untuk mengoperasi Raihan karena cairan di paru-parunya semakin banyak sehingga membuatnya kesulitan bernapas.

Baca juga: Kiper Polandia Szczesny Terciduk Merokok Sebelum Hadapi Spanyol di EURO 2020

"Dokter memutuskan mengoperasi saya dikarenakan banyak cairan di paru-paru menyebabkan saya sesak dan susah bernapas. Saat itu tubuh saya dimasukkan selang untuk menyedotkan suatu cairan pada paru-paru saya," ungkapnya.

Namun, operasi ternyata tidak langsung membuat kondisinya membaik. Usai operasi, ia harus diabwa ke ICU untuk kembali mendapat penanganan yang lebih serius.

Dia bahkan sempat kritis selama dua hari. Namun, berkat doa dan dukungan keluarganya, Raihan akhirnya sadar dan kini kondisinya semakin membaik. Raihan merasa Tuhan memberinya kesempatan untuk menjalani hidup yang lebih baik.

"Allah ngasih kesempatan buat hidup dan alhamdulillah saya sembuh. Cairan pun isnyaallah tidak ada lagi di paru-paru saya. Selepas itu saya menjalani hari seperti biasa," ujarnya.

Raihan juga mengingatkan agar para perokok bisa berhenti sebelum ada penyakit serius yang menggerogoti tubuh mereka. Dia juga mengingatkan agar orang yang suka begadang keluyuran di luar rumah menghentikan kebiasaannya. Sebab, sehat itu mahal, kata Raihan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US