The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Satgas Damai Cartenz Tembak Pimpinan KKB hingga Tewas di Nabire
Seorang pimpinan KKB tewas dalam operasi yang dilakukan Satgas Damai Cartenz di Nabire, Papua. (Dok. Polda Papua)
News

Satgas Damai Cartenz Tembak Pimpinan KKB hingga Tewas di Nabire

Sempat lakukan perlawanan.

Rabu, 30 Maret 2022 13:58 WIB 30 Maret 2022, 13:58 WIB

INDOZONE.ID - Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz berhasil melumpuhkan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nabire, Papua yakni Toni Tabuni. Toni tewas usai terkena timah panas aparat.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebut penindakan ini bermula dari Satgas yang bertugas melakukan pemantauan dan penyelidikan terkait KKB. Pada Selasa, 30 Maret 2022 di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, personel langsung melakukan penangkapan terhadap dua anggota KKB.

"Saat dilakukan penangkapan terhadap tersangka terjadinya perlawanan oleh tersangka Toni Tabuni," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (30/3/2022).

Karena melakukan perlawanan, aparat langsung menembak Toni Tabuni. Akibatnya, pimpinan KKB tersebut tewas.

Baca Juga: Pos Marinir Diserang KKB di Papua dengan Senjata Pelontar Granat, 1 Prajurit Gugur

"Sehingga personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz melakukan tindakan tegas yang mengakibatkan tersangka meninggal dunia," beber Kamal.

Jasad Toni Tabuni pun saat ini sudah dievakuasi ke RS Nabire untuk dilakukan proses visum. Selain Toni, aparat juga menangkap satu KKB lain yakni Kais Tabuni.

Dalam penangkapan ini, Satgas berhasil mengamankan barang bukti antara lain 20 butir amunisi, ponsel dan barang bukti lainnya. Terkini, situasi di Nabire pasca penangkapan KKB kondusif.

"Kami dapat sampaikan situasi di Kabupaten Nabire hingga saat ini masih berjalan aman dan kondusif," pungkas Kamal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US