Sultan HB X Turun Tangan Atasi 'Nuthuk' Harga, Minta Pedagang Pajang Daftar Harga

- Rabu, 2 Juni 2021 | 17:34 WIB
Ilustrasi pedagang di Yogyakarta (Unsplash)
Ilustrasi pedagang di Yogyakarta (Unsplash)

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, berharap pemerintah kabupaten/kota mewajibkan para pedagang kuliner memajang secara jelas daftar harga menu.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian harga kepada konsumen agar tidak ada lagi kasus viral mengenai "nuthuk" harga atau menaikkan harga tidak wajar. Sri Sultan HB X berharap kejadian serupa tidak kembali berulang.

"Untuk tidak ribut (muncul kegaduhan soal harga) ya memang pemerintah daerah ya mewajibkan mereka yang berjualan itu punya daftar makanan sama harga, gitu lho mestinya," kata Sultan HB X, Rabu (2/6/2021).

"Kalau saya jangan terulanglah. Kan ada kepastian sudah, ketentuannya (pemerintah) kota kan semua yang di Malioboro dan sebagainya itu kan daftar makanan ini semua sudah ada. Itu diperlihatkan saja, toh juga sudah ada harganya," kata dia.

Menurutnya, usaha kuliner di mana pun yang tidak menunjukkan harga menu secara jelas kepada konsumen, akan berpotensi menimbulkan masalah.

"Ya mestinya itu semua orang mau beli itu mestinya jualannya apa, harganya berapa, itu fair. Kalau tidak, ya sebetulnya juga masalah, di mana pun akan bermasalah, jadi pasti ribut," kata dia.

Sultan juga meminta pemungutan biaya retribusi lapak dagangan oleh pemerintah daerah harus disesuaikan agar tidak terjadi korupsi.

"Nanti retribusinya tidak jelas, harganya ya tidak jelas. Pekerjaan seperti itu paling mudah untuk dikorupsi, kan gitu masalahnya. Jadi jangan sampailah," kata raja Keraton Yogyakarta ini.

Sebelumnya, pemilik warung pecel lele di Jalan Perwakilan yang berada di kawasan Malioboro, mengakui bahwa warungnya lah yang diviralkan. Dia mengaku bersalah menaikkan harga dan meminta maaf.

"Saya minta maaf kepada masyarakat Yogyakarta, karena apa yang diviralkan itu benar," kata Apriyanto, pemilik warung pecel lele itu.

Dia mengakui harga pecel lelenya memang lebih mahal dibandingkan warung makan lain di Malioboro. Dia berjanji akan menyesuaikan harga dan memperbaiki daftar menunya.

@aulroket

kebayar ko:( cuma sebel aja udah bisa dapet paket panas spesial mekdi ???? ada yg punya pengalaman yg sama ga si kaya kejebak gt kl makan di malioboro?

? original sound - aulia???? - aulia????

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X