Minyak Goreng Mahal dan Langka, di Tempat Ini Harganya Rp75 Ribu Per Liter!

- Selasa, 19 April 2022 | 19:02 WIB
Turki pakai minyak bunga matahari (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)
Turki pakai minyak bunga matahari (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Drama minyak goreng engga hanya melanda warga +62 aja. Di Turki, minyak goreng juga sempat langka. Warga menyerbu minimarket atau supermarket, untuk mendapatkan minyak goreng. Aksi panic buying di beberapa kota ini menyebabkan keributan.

Di Turki, ada beberapa jenis minyak goreng yang umum dikonsumsi. Minyak zaitun, minyak jagung dan minyak biji bunga matahari. Aycicek yagi atau minyak biji bunga matahari yang paling banyak digunakan. Jenis inilah yang sempat langka.

-
Beragam minyak goreng di Turki (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Turki memproduksi sekaligus mengekspor minyak bunga matahari. Namun permintaan terus meningkat, terutama selama pandemi Covid-19. Turki mengonsumsi lebih dari 3 juta ton minyak bunga matahari setiap tahunnya. Sementara negara ini hanya mampu memenuhi 1,7 juta ton.

Sisanya bergantung pada Rusia dan Ukraina. Turki mengimpor bahan baku berupa benih bunga matahari dari dua negara tersebut.

-
Harga minyak goreng di Turki bikin kantong kendor (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Namun, invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari silam, menyebabkan krisis minyak goreng di Turki. Perang memaksa pasokan bahan baku minyak goreng ke Turki, terhenti. Stok minyak goreng menipis, hargapun melambung!

Pihak berwenang di sejumlah kota melakukan sidak, untuk memastikan tak ada perusahaan retail yang menimbun minyak goreng. Ekspor minyak gorengpun dihentikan sementara, demi mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Hasilnya, memasuki Ramadhan pasokan minyak goreng berangsur normal. Namun harga melonjak tajam! Minyak goreng 1 liter yang semula dibanderol mulai dari 20 TL atau sekitar Rp20 ribu, merangkak naik di kisaran Rp55 ribu sampai Rp75 ribu per liter.

-
Harga minyak goreng di Turki mencapai Rp75 ribu per liter (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Engga hanya minyak goreng yang harganya bikin kantong oleng. Memasuki minggu ketiga Ramadhan, harga gula pasir melesat, setelah sempat hilang di pasaran. 1 kg gula pasir semula hanya sekitar Rp15 ribu, sekarang bisa mencapai Rp20 ribu lebih.

-
Imbas perang Rusia-Ukraina harga pangan di Turki melonjak (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Sejak Perang Rusia-Ukraina, harga energi, bahan bakar dan komoditas pangan melonjak tak terkendali. Karena ketergantungan Turki yang sangat  besar terutama pada Rusia. Imbasnya, per Maret 2022, inflasi Turki melesat lebih dari 61%. Ini merupakan yang tertinggi dalam 20 tahun terakhir.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X