Anies Klaim Sudah Jalankan Tuntutan Sebelum Divonis Bersalah Soal Gugatan Polusi Udara

- Jumat, 17 September 2021 | 12:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa telah melakukan berbagai tuntutan dari Koalisi Ibu Kota yang memenangkan gugatan atas perkara pencemaran udara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Bahkan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebutkan tuntutan untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta telah dilaksanakan sebelum adanya vonis bersalah melakukan perbuatan melawan hukum.

Menurut Anies, masalah penanggulangan pencemaran udara di ibu kota, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

"Sebagai quick wins untuk menyelesaikan masalah pencemaran udara, bahkan sebelum proses sidang dimulai," ucap Anies dalam keterangannya, Jumat (17/9/2021).

Kemudian, orang nomor satu di Jakarta ini menyebutkan, salah satu poin dalam Ingub Nomor 66/2019 adalah Pemprov DKI Jakarta ingin memastikan tidak ada angkutan umum yang berusia di atas 10 tahun.

Baca juga: HP Retak Anies Baswedan saat Coba Masuk Ancol dengan Aplikasi PeduliLindungi Jadi Sorotan

"Dan tidak lulus uji emisi beroperasi di jalan dan penyelesaian peremajaan seluruh angkutan umum melalui program Jak Lingko pada 2020, sesuai amar keputusan Majelis Hakim poin 1A" tambahnya.

Anies menilai, sejak diberlakukannya Ingub tersebut, perbaikan kualitas udara di Ibu Kota mulai dirasakan. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil genap.

"Kemudian juga mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di ruas jalan protokol, arteri, dan penghubung ke angkutan umum massal pada 2020," tandas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X