The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pimpinan Junta Militer Myanmar akan Hadiri KTT ASEAN di Indonesia
Kepala junta Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing di Hari Angkatan Bersenjata di Naypyitaw, Myanmar, Sabtu (27/3/2021). (photo/REUTERS/STRINGER)
News

Pimpinan Junta Militer Myanmar akan Hadiri KTT ASEAN di Indonesia

Sabtu, 17 April 2021 21:24 WIB 17 April 2021, 21:24 WIB

INDOZONE.ID - Pimpinan junta Militer Myanmar, Min Aung Hlaing akan hadir di konferensi tingkat tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Indonesia pada 24 April mendatang.

Keterangan mengenai konfirmasi kehadiran Jenderal Min disampaikan jubir Kemlu Thailand Tanee Sangrat.

Dia mengatakan, selain Jenderal Min sejumlah pemimpin lain akan pula hadir.

"Beberapa pemimpin dari 10 negara ASEAN sudah konfirmasi kehadiran pada pertemuan di ibu kota Indonesia, Jakarta," ujar Tanee seperti dikutip dari Reuters.

Myanmar berada dalam pergolakan sejak Min Aung Hlaing menggulingkan pemerintah terpilih yang dipimpin oleh pejuang demokrasi Aung San Suu Kyi, dengan pasukan militernya yang menewaskan 728 orang, menurut hitungan kelompok aktivis, dalam upaya untuk membasmi protes.

Baca juga: Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Atalia Positif Terpapar COVID-19

Dalam kekerasan terakhir, pasukan keamanan menembak dan menewaskan dua orang di kota tambang batu rubi Mogok, salah satu dari beberapa kota di mana massa melakukan protes pada Sabtu, kata seorang penduduk kepada Reuters dan menurut laporan media.

Negara-negara tetangga Myanmar telah mencoba untuk mendorong pembicaraan antara pihak yang berseberangan untuk menyelesaikan krisis, tetapi militer telah menunjukkan sedikit kesediaan untuk terlibat dengan mereka atau berbicara dengan pemerintah yang digulingkan.

Untuk diketahui, Jenderal Min dikenal sebagai sosok paling kontroversial dan disorot dunia saat ini. Dia merupakan otak kudeta pemerintahan sipil Myanmar yang dipimpin Aung San Suu Kyi.

Usai kudeta Myanmar jatuh dalam krisis. Demo menolak junta-militer kerap berujung ricuh hingga saat ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US