Pimpinan DPR Sayangkan Gubernur Lemhanas Lempar Isu Polri di Bawah Kementerian

- Senin, 3 Januari 2022 | 11:40 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Letjen Agus Widjojo memberikan usulan agar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berada di bawah Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional. Usulan itu mendapat respons kurang setuju dari Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, karena bisa memicu kegaduhan publik.

“Saya pikir hal ini perlu dikaji mendalam dan ada baiknya dibikin kajiannya sebelum akhirnya dilemparkan ke publik yang akan menyebabkan kegaduhan yang tidak perlu," kata Dasco kepada wartawan, Senin (3/1/2022).

Menurut Dasco jika tidak adanya kajian saat membentuk lembaga baru, maka dapat dipastikan membuat bingung sejumlah pihak. Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu menekankan, adanya penjelasan rinci lebih dulu sebelum disampaikan kepada DPR dan pembentuk undang-undang, untuk mengetahui urgensi pembentukan kementerian lembaga baru tersebut.

Baca juga: Ini Alasan Pemprov DKI Terapkan PTM 100 Persen Setiap Hari

"Saya belum bisa komentar banyak karena saya belum melihat kajiannya. Seharusnya dibikin kajiannya dulu lalu kemudian disosialisasikan terutama kepada pembuat undang-undang," jelas Dasco.

"Kalau seperti ini kan kita bingung, kalau ditanya kajiannya kita belum tahu urgensinya juga kita belum tahu," tambah Dasco.

Sebelumnya, Gubernur Lemhanas Agus Widjojo mengusulkan pembentukan Kementrian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional pada akhir tahun 2021. Nantinya, kata Agus, Polri berada di bawah kementrian tersebut.

"Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban perlu ada penegakan hukum, itu Polri. Seyogianya diletakkan di bawah salah satu kementerian, dan Polri seperti TNI, sebuah lembaga operasional. Operasional harus dirumuskan di tingkat menteri oleh lembaga bersifat politis, dari situ perumusan kebijakan dibuat, pertahanan oleh TNI, dan keamanan ketertiban oleh Polri," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X