Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri Sore Ini

- Selasa, 11 Mei 2021 | 09:21 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kiri) didampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi (kanan) memberikan keterangan seusai sidang Isbat penentuan awal bulan Ramadhan di Kantor Kemenag Jakarta (ANTARA FOTO/Humas Kemenag/wpa/foc.)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kiri) didampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi (kanan) memberikan keterangan seusai sidang Isbat penentuan awal bulan Ramadhan di Kantor Kemenag Jakarta (ANTARA FOTO/Humas Kemenag/wpa/foc.)

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan Idul Fitri 1442 Hijriah pada petang hari ini, Selasa (11/5/2021).

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, nantinya sidang isbat akan digelar secara daring dan luring. Kemudian sidang isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin beberapa waktu lalu.

Karena  pandemi Covid-19 masih melanda, nantinya sidang isbat akan dilakukan mengikuti protokol kesehatan. Sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

Kemudian undangan yang hadir masih dibatasi. Selain Menag hanya Wamenag, perwakilan MUI, Komisi VIII DPR dan sejumlah Duta Besar negara tetangga.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," ucap dia.

Lebih lanjut, Kamaruddin menekankan pihaknya akan menyediakan live streaming bagi peserta ataupun media yang tak bisa hadir secara langsung di kantor Kemenag

"Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," urainya.

Terpisah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu. 

Di mana sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dipimpin Menteri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal. Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia.

Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X