Kepolisian Bintan Gagalkan Pengiriman 39 TKI Ilegal ke Malaysia

- Selasa, 18 Februari 2020 | 00:01 WIB
Kepala Satuan Polairud Polres Bintan, AKP Suardi. (photo/ANTARA/Ogen)
Kepala Satuan Polairud Polres Bintan, AKP Suardi. (photo/ANTARA/Ogen)

Terkait upaya pengiriman 39 TKI ilegal ke negara Malaysia, Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Bintan berhasil menggagalkan hal tersebut.

Pengiriman TKI ilegal tersebut rencananya akan dibawa melalui jalur tikus, persisnya di Pantai Dugong, Trikora, Bintan, Kepulauan Riau.

Kepala Satuan Polairud Polres Bintan, AKP Suardi, dalam keterangan pers, Senin, menyampaikan tindakan itu dilakukan setelah warga melapor bahwa akan ada aktivitas pengiriman TKI ilegal di wilayah tersebut.

"Para TKI ilegal ini kami amankan, Sabtu (15/2) malam, sekitar pukul 22.00 WIB. Saat diamankan, mereka sudah siap di bibir pantai, menunggu jemputan berangkat ke Malaysia," kata Suardi dilansir Antara (17/2).

Dia mengatakan, ke-39 TKI ilegal yang diamankan ini terdiri dari 33 laki-laki dan 6 perempuan, yang berasal dari berbagai daerah seperti  Aceh, Buton, NTT, dan Sulawesi Tenggara.

Pada saat yang bersamaan polisi juga mengamankan dua orang yang diduga sebagai sopir atau pengangkut para TKI tersebut yakni JN (36), warga Kilometer 14 Tanjungpinang. Kemudian, DS (33) sebagai pembantu sopir (kernet), warga Cikolek Kecamatan Toapaya, Bintan. Keduanya berpotensi jadi tersangka.

"Sedangkan terhadap orang yang menyuruh mereka untuk membawa TKI tersebut yaitu AK, hingga sampai saat ini dalam tahap pencarian," tutur Kasat.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan ke 39 TKI ilegal tersebut sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan di Markas Satpolairud di Tanjung Uban, Bintan.

Selanjutnya akan diserahkan ke BP3TKI untuk dipulangkan ke daerah masing-masing sesuai peraturan yang berlaku.

"Paling lambat besok sudah kita serahkan ke BP3TKI," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X