Dua Hari Jadi Menteri, Terawan Langsung Dapet Job Tuntaskan Stunting 

- Kamis, 24 Oktober 2019 | 15:48 WIB
  Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Antara/Wahyu Putro A)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Antara/Wahyu Putro A)

Presiden Joko Widodo memberi tugas kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk menuntaskan kasus stunting atau kekerdilan pada anak.

Tugas ini diberikan Jokowi bersama Ma'ruf Amin saat sidang kabinet paripurna pertama di Istana Negara, Kamis (24/10). Jokowi menginginkan angka kasus stunting dipangkas sampai 20 persen.

Diketahui data Kementerian Kesehatan kasus balita stunting meningkat dari 2016 hingga 2018. Pada 2016 kasus kekerdilan pada balita mencapai 29 persen, naik 0,6 persen menjadi 29,6 pada 2017 dan menjadi 30,8 pada 2018.

Terawan menjelaskan pihaknya akan menelusuri penyebab dari tingginya kasus kekerdilan pada anak di Indonesia selam tiga tahun terakhir. Menurutnya, kasus stunting bersifat kompleks sehingga memerlukan koordinasi dengan seluruh sektor. 

Dalam beberapa bulan ke depan, Terawan akan berkoordinasi dengan para direktur di Kementerian Kesehatan dan pihak terkait, untuk mengetahui secara detil sejumlah permasalahan yang terjadi. Sebab, mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu menilai perlu peningkatan kondisi kesehatan masyarakat sehingga masalah stunting bisa tertangani seluruhnya.

"Karena itu hari ini saya harus rapatkan untuk koordinasi, jadi harus tahu duduk persoalannya," ujar Terawan usai sidang kabinet di Istana Negara.

Meski dalam tiga tahun terakhir anggka stunting meningkat. pada 2019 angka stunting berhasil ditekan menjadi 27,67 persen. Pemerintah menargetkan angka stunting pada 2024 turun di bawah 20 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X