Kemenag Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan di Hari Raya Idul Adha 2022

- Jumat, 8 Juli 2022 | 03:13 WIB
Ilustrasi pemilik sapi memakai masker sambil memeluk hewan peliharaannya yang akan dikurbankan. (ANTARA FOTO/Jojon)
Ilustrasi pemilik sapi memakai masker sambil memeluk hewan peliharaannya yang akan dikurbankan. (ANTARA FOTO/Jojon)

Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada hari Minggu (10/7/2022). Pasalnya, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang sehingga penerapan prokes dibutuhkan guna mencegahnya penularan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib dalam siaran persnya Selasa (5/7/2022).

“Kami berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat Hari Raya Idul Adha 1443 H, karena bukan hanya terkait pandemi Covid-19, tetapi juga untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku atau PMK,” ujar Adib.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Wagub DKI Jakarta Minta Warga Tak Jualan Hewan Kurban di Trotoar

Adib menjelaskan, penerapan prokes tidak hanya saat pelaksanaan salat Ied dan penyembelihan hewan kurban saja, tetapi juga saat melakukan pembagian daging kurban.

“Jadi pelaksanaan protokol kesehatan ini juga dilakukan saat pembagian daging kurban. Ini tentu perlu peran kita semua agar pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 H tetap kondusif dan aman,” imbau dia.

Adib juga meminta terkait penyelenggara kurban untuk menggunakan kantung yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang. Dia mencontohkan penggunaan boboko yang terbuat dari bambu di Jawa Barat sebagai wadah daging kurban.

“Ketika membagikan daging kurban, sebaiknya gunakan nomor antrean. Selain itu, pilih kantung daging yang ramah lingkungan. Beberapa wilayah di Jawa Barat misalnya, menggunakan boboko yang terbuat dari bambu. Saya kira ini sekaligus memberdayakan kreativitas masyarakat,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X