Yudo Margono Jalani Uji Kelayakan Panglima TNI, Masalah Papua dan Alutsista Bakal Disorot

- Jumat, 2 Desember 2022 | 12:48 WIB
Kasal Yudo Margono di G20 (Antara/M Risyal Hidayat)
Kasal Yudo Margono di G20 (Antara/M Risyal Hidayat)

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper hari ini. Sebelum melakukan pengujian, Komisi I DPR RI akan memverifikasi administrasi atau pemeriksaan data pribadi Yudo.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar Dave Laksono menyatakan rangkaian tersebut akan dimulai dengan diterimanya verifikasi berkas dari staf Calon panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.

"Jadi pagi ini kita mulai dengan terima verifikasi berkas mungkin sekitar jam 10.00 WIB akan hadir dari Mabes AL ataupun stafnya Pak Yudo itu akan menyerahkan dulu, belum Pak Yudo," ujar Dave di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

"Baru (setelah) menyerahkan berkas diterima kita periksa, berkas sudah sesuai, bila sesuai baru kita laksanakan fit and proper test," tambahnya.

Baca Juga: Hari Ini! Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test, DPR Tanya Apa Aja Ya?

Lebih lanjut, menurut Dave, berbagai isu terkini dan segala macam ancaman baik di dalam maupun luar Negeri akan ditanyakan kepada Yudo.

"Isu-isu terkini, situasi dan kondisi di Papua, peremajaan alutsista, peningkatan disiplin anggota. Mitigasi segala macam ancaman, baik dalam dan luar negeri," pungkas Dave

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan mengapa dirinya memilih Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Dikatakan Jokowi, mengapa dirinya mengirimkan nama Yudo Margono ke DPR untuk menjadi Calon Panglima TNI dikarenakan untuk rotasi matra. Apalagi, dua kali sebelumnya, Panglima TNI berasal dari matra Angkatan Udara dan Angkatan Darat, dan kini giliran Angkatan Laut.

Baca Juga: Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Besok, Ini Tahapannya

"Yang paling ini rotasi matra selain yang ada lain-lainnya," kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta sebagaimana dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/11/2022).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X