The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tepat Satu Tahun, Gunung Semeru Kembali Erupsi!
Letusan Gunung Semeru (Twitter/@ipoksamidub)
News

Tepat Satu Tahun, Gunung Semeru Kembali Erupsi!

Minggu, 04 Desember 2022 09:45 WIB 04 Desember 2022, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Hari ini, Minggu (4/12/2022) Gunung Semeru di Lumajang, jawa Timur, kembali erupsi setelah tepat satu tahun lalu 4 Desember 2021 terjadi erupsi besar.

Seperti dilansir situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, erupsi terjadi pada pukul 02:46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik," tulis keterangan yang diunggah Mukdas Sofian, A.Md. seperti dikutip Indozone, Minggu (4/12/2022).

Gunung Semeru
Letusan Gunung Semeru (Twitter/@ipoksamidub)

BACA JUGA: Melihat Kerajaan Kelelawar di Kaki Gunung Semeru

Sementara itu, lewat beberapa video yang diunggah netizen di Twitter, terlihat kepulan asap di kawasan Gunung Semeru. Beberapa warga pun mulai melakukan evakuasi untuk menyelamatkan diri.

"Tepat satu tahun yang lalu gunung aktif tertinggi di jawa yaitu gunung semeru erupsi. Pagi ini dapat kabar gunung semeru kembali erupsi. Semoga tidak ada korban jiwa," tulis akun @kmsehat.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat
Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US