Komisi I DPR RI Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI!

- Jumat, 2 Desember 2022 | 18:34 WIB
Laksamana Yudo Margono di ruang rapat DPR RI (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)
Laksamana Yudo Margono di ruang rapat DPR RI (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Komisi I DPR RI telah menyetujui Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI. Hal tersebut berdasarkan dari uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test yang dilakukan oleh Komisi I DPR RI di Gedung Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI, Laksamana TNI Yugo Margono sebagai Panglima TNI," ujar Ketua Komisi I DPR, Meutya Viada Hafid, Jumat (2/12/2022).

Selain itu, Komisi I DPR RI juga telah menyetujui pemberhentian dengan hormat Jendral Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

-
Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Baca Juga: Ini Penyampaian Visi dan Misi Calon Panglima TNI Yudo Margono

"Menyetujui dengan hormat Jendral TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, serta memberikan apresiasinya membawa TNI semakin maju dan profesional," sambung Meutya.

Laksamana Yudo Margono, berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Jadi, ia terpilihnya menjadi Panglima TNI.

"Baik, terima kasih atas kepercayaan dan kehormatan yang di berikan kepada saya telah menyeyujui saya menjadi Panglima TNI," ujar Yudo

Selain itu, ia juga berharap dapat menjalankan tugasnya sebagai Panglima TNI dengan baik.

"Mudah-mudahan, saya dapat melaksanakan tugas dengan baik," pungkasnya

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan mengapa dirinya memilih Laksamana Yudo Margono menjadi calon tunggal Panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Dikatakan Presiden Jokowi, ini karena rotasi matra. Apalagi, dua kali sebelumnya, Panglima TNI berasal dari matra Angkatan Udara dan Angkatan Darat, dan kini giliran Angkatan Laut.

Baca Juga: Tiba di DPR, Yudo Margono Semobil Dengan KSAD, KSAU, dan Kapolri 

"Yang paling, ini rotasi matra selain yang ada lain-lainnya," kata Presiden Jokowi di JCC Senayan, Jakarta, sebagaimana dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 30 November 2022.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X