Bantu Pemulihan Pasca Gempa Cianjur, BRI Peduli Terus Layani Masyarakat Terdampak

- Rabu, 7 Desember 2022 | 18:49 WIB
BRI terus melayani masyarakat yang jadi korban Gempa Cianjur. (Dok. Humas BRI)
BRI terus melayani masyarakat yang jadi korban Gempa Cianjur. (Dok. Humas BRI)

Warga Kabupaten Cianjur kini tengah dalam fase pemulihan pasca bencana gempa bumi bermagnitudo 5,4 pada Senin (21/11/1011). Warga terdampak gempa dibantu berbagai pihak kini tengah berupaya pulih dan berbenah pasca bencana gempa tersebut.

Untuk membantu pemulihan pasca bencana tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memastikan kondisi warga terdampak bisa kembali pulih melalui berbagai bantuan yang telah disalurkan. BRI membangun Posko BRI Peduli Bencana yang terletak di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Posko tersebut menjadi salah satu pusat bantuan untuk penyaluran bantuan kepada warga terdampak.

Posko BRI Peduli Bencana tersebut terdiri dari posko kebutuhan Logistik, tenda evakuasi pengungsi, posko Medis, posko Dapur umum, Kamar mandi dan toilet portable sebanyak 3 unit. Posko BRI Peduli tersebut beroperasi sampai dengan 23 Desember 2022, sesuai dengan status tanggap darurat bencana yang ditetapkan oleh pemerintah dan Satgas Bencana BUMN.

Posko medis/kesehatan pada Posko BRI Peduli dikelola langsung oleh BRIMEDIKA dengan jumlah tenaga medis 2 Dokter dan 5 perawat. Layanan yang diberikan adalah pemeriksaan kesehatan gratis, pengobatan dan trauma healing. Layanan dilakukan di posko dan secara mobile ke wilayah-wilayah terdampak.

Upaya tersebut diharapkan dapat menjadi proteksi dini untuk mencegah timbulnya penyakit dan menjamin Kesehatan warga terdampak. Posko tersebut juga sekaligus difungsikan sebagai trauma healing, terutama bagi anak-anak korban gempa.

Baca Juga: Kolaborasi Srikandi BRI dan BUMN, Bahu Membahu Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Posko kebutuhan logistik dipergunakan untuk menyalurkan kebutuhan logistik secara mobile oleh pekerja BRI/Mantri menggunakan sarana motor trail untuk menjangkau wilayah-wilayah yang tidak bisa diakses dengan mobil. Bantuan logistik yang disalurkan berupa sembako, makanan siap saji, tikar, selimut, air mineral, perlengkapan bayi, perlengkapan jenazah, obat-obatan,makanan bayi, perlengkapan wanita, perlengkapan mandi dan kebutuhan lainnya. Sampai saat ini posko logistik ini memasok kebutuhan logistik di 27 Desa.

Tim relawan BRI juga telah membantu proses evakuasi warga yang terisolir akibat rerentuhan pasca gempa. Proses evakuasi juga turut bekerja sama dengan Satgas Bencana BUMN dan pihak-pihak lainnya.

-
BRI terus melayani masyarakat yang jadi korban Gempa Cianjur. (Dok. Humas BRI)

Pekerja BRI setempat (BRI Unit Ciherang, Cijedil, Sawagede, dan Muka) melakukan blusukan ke lokasi-lokasi korban gempa di Cianjur. Blusukan dengan motor dilakukan untuk menelusuri jalan-jalan sempit agar bisa menjangkau posko korban bencana yang relatif terisolir, blusukan tersebut dilakukan dengan membawa ribuan makanan siap santap (nasi bungkus). Blusukan pendistribusian bantuan ke daerah terpencil juga dilakukan oleh komunitas BRI yang memiliki motor trail atau BRITAC (BRI Trail Adventure Community).

Selain itu, tenda evakuasi pengungsi mampu menampung korban terdampak dari masyarakat sekitar Posko (daerah Cugenang). Dapur umum juga tersedia untuk mempersiapkan kebutuhan makanan siap saji bagi pengungsi, masyarakat terdampak dan relawan.

Sebelumnya, BRI juga telah menyalurkan bantuan lebih dari 5.000 makanan siap santap (nasi bungkus). Bantuan lain juga telah didistribusikan, diantaranya 5.000 paket sembako, beras, obat-obatan, terpal, peralatan memasak, pakaian, hingga kebutuhan balita kepada warga terdampak gempa.

Baca Juga: UMKM Makin Tangguh, BRI Telah Rampungkan 54,5% Restrukturisasi Kredit COVID-19

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto meninjau langsung kondisi pengungsi sekaligus memastikan bantuan yang diberikan perseroan melalui BRI Peduli untuk memberikan bantuan kepada warga untuk bangkit pasca bencana pada Jumat (2/12/2022).

Catur mengungkapkan bahwa semangat gotong royong perlu terus ditingkatkan untuk bahu-membahu bangkit dari kondisi pasca bencana. Di samping itu, dirinya juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh InsanBRILian (Pekerja BRI), Satgas Bencana BUMN, warga sekitar, dan pihak-pihak lainnya yang bersama-sama mengulurkan tangan membantu warga di Kabupaten Cianjur.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X